Berita Semarang

Jokowi Keluarkan Keppres untuk Mengesahkan Hasil Munassus Kadin

Presiden Joko Widodo mengesahkan hasil amendemen AD & ART Kamar Dagang Indonesia.

Penulis: faisal affan | Editor: sujarwo
Dok. Kadin
Dari kiri ke kanan Ketua Umum Kadin Jawa Tengah Harry Nuryanto Soediro, Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Organisasi, Kualitas SDM, Hukum, dan Komunikasi Hasan Abdul Rozak, Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Perekonomian Stefanus Suryaatmadja. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Presiden Joko Widodo belum lama ini mengesahkan hasil amendemen AD & ART Kamar Dagang Indonesia (Kadin).

Pengesahan itu tertuang dalam Keppres No. 18 tahun 2022 sebagai hasil dari pelaksanaan Musyawarah Nasional Khusus (Munassus) KADIN tanggal 23 Juni 2022 di Banten.

Maka, secara de jure (ketetapan hukum) Pemerintah telah mengakui keabsahan Dewan Pengurus Kadin Indonesia yang dipimpin oleh Arsjad Rasjid P.M.

Arsjad mengatakan, sejatinya hanya ada 1 (satu) Munassus yang mendasari perubahan AD & ART Kadin dan Keppres tersebut.

"Dalam hal ini Munassus yang diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Kadin Indonesia yang dipimpin oleh Ketua Umum," ujarnya.

Menindaklanjuti terbitnya Keppres No. 18 Tahun 2022, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan surat dengan nomor 220/8551/Polpum yang ditujukan kepada seluruh Gubernur se Indonesia.

"Salah satu poinnya menyatakan bahwa Kadin merupakan mitra strategis pemerintah provinsi untuk bersinergi secara berkelanjutan guna menciptakan, mengembangkan, dan menghadirkan iklim usaha yang sehat, penciptaan lapangan kerja, meningkatkan partisipasi masyarakat dan swasta dalam pembangunan nasional dan daerah, serta melakukan percepatan pemulihan ekonomi dan memperkuat ketahanan ekonomi nasional," bebernya.

Adapun untuk Kadin Tingkat Provinsi Jawa Tengah, berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia Nomor: Skep/65/DP/VII/2022, menegaskan kepemimpinan Kadin Jawa Tengah dipegang oleh Harry Nuryanto Soediro.

"Kadin Jawa Tengah sepenuhnya tunduk dan patuh terhadap Undang-Undang No. 1 Tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri serta Keppres No. 18 Tahun 2022, dan siap melaksanakan visi dan misi," pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved