Berita Pati

Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan Bikin Desa Keben Pati Tak Perlu Khawatir Kekeringan Lagi

Anggota DPR Sudewo tinjau Pembangunan Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan di Keben.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: sujarwo
Istimewa
Anggota DPR RI Sudewo meninjau Pembangunan Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH) di Desa Keben, Kecamatan Tambakromo, Pati, Sabtu (26/11/1022). 

TRIBUNMURIA COM, PATI - Anggota DPR RI Sudewo meninjau Pembangunan Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH) di Desa Keben, Kecamatan Tambakromo, Pati, Sabtu (26/11/22).

Untuk diketahui, ABSAH merupakan insfrastruktur untuk menampung air hujan dan penyediaan air baku mandiri dengan prinsip kerja menampung air hujan dalam tampungan yang disaring dengan media akuifer buatan seperti kerikil, pasir, bata merah, batu gamping, ijuk, dan arang.

Anggota DPR RI Sudewo meninjau Pembangunan Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH) di Desa Keben, Kecamatan Tambakromo, Pati, Sabtu (26/11/2022).
Anggota DPR RI Sudewo meninjau Pembangunan Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH) di Desa Keben, Kecamatan Tambakromo, Pati, Sabtu (26/11/2022). (Istimewa)

Sudewo mengatakan, proyek ini merupakan program pemerintah sebagai upaya membantu masyarakat di wilayah yang seringkali kekurangan air saat musim kemarau.

"Proyek ABSAH ini merupakan program pemerintah untuk memberikan solusi kepada masyarakat di daerah yang kondisi pada musim kemarau kekurangan sumber mata air," kata politisi Partai Gerindra ini.

Dengan keberadaan ABSAH sebagai infrastruktur untuk menampung air hujan atau penyediaan air baku mandiri, lanjut Sudewo, ketika musim kemarau datang, air hujan yang tertampung dalam ABSAH dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Anggota DPR RI Sudewo meninjau Pembangunan Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH) di Desa Keben, Kecamatan Tambakromo, Pati, Sabtu (26/11/22).
Anggota DPR RI Sudewo meninjau Pembangunan Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH) di Desa Keben, Kecamatan Tambakromo, Pati, Sabtu (26/11/22). (Istimewa)

Sudewo berharap masyarakat bisa merawat infrastruktur tersebut.

Dia juga meminta supaya masyarakat kompak dalam mendukung segala program yang dicanangkan oleh pemerintah.

"Saya mengajak kepada masyarakat dan pemerintah desa agar senantiasa kompak untuk mendukung setiap program pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah," tandas dia. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved