Berita Semarang

Harga Kerang Terjun 50 Persen di Semarang, Rp 4 Ribu Perkilogram

Harga kerang di Kota Semarang terjun bebas hingga 50 persen. Misalnya kerang hijau yang sebelumnya mencapai Rp 8 ribu per kilogram, saat ini cuma Rp 4

Penulis: budi susanto | Editor: m nur huda
TRIBUN JATENG/LIKE ADELIA
Kerang darah goreng di Seafood Pak Jari Simpanglima Semarang - Harga kerang di Kota Semarang terjun bebas hingga 50 persen. Misalnya kerang hijau yang sebelumnya mencapai Rp 8 ribu per kilogram, saat ini cuma Rp 4 ribu. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Harga kerang di Kota Semarang terjun bebas hingga 50 persen. Misalnya kerang hijau yang sebelumnya mencapai Rp 8 ribu per kilogram, saat ini cuma Rp 4 ribu. Demikian juga dengan kerang tahu, dari semula Rp 12 ribu jadi Rp 6 ribu per kilogramnya.

Ketua Kelompok Tiga Nelayan Tambakrejo, Ahmad Aziz mengatakan, harga kerang turun sejak awal November lalu.

Hal itu tak lepas dari banyaknya pasokan lantaran sedang musim tangkap kerang.

Menurut dia, banyak nelayan yang budidayakan kerang hijau sedang panen.

Sementara untuk kerang tahu, kata dia, saat ini sedang musim tangkap.

Ia menjelaskan, habitat kerang tahu di pasir dan akan terbawa ombak besar ke pantai. Hal itu membuat lebih mudah mencarinya.

"Bila malam ada gelombang besar, pagi harinya nelayan akan mencari kerang tahu. Demikian juga sebaliknya. Bila gelombang besar pada pagi hari, nelayan cari ikan pada malam hari," jelas dia, Minggu (4/12/2022).

Namun demikian, Ahmad khawatir gelombang besar berlangsung terus menerus. Menurutnya, di tengah cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, gelombang tak bisa diprediksi. Desember menurutnya akan menjadi bulan dengan cuaca yang didominasi gelombang tinggi.

"Kalau pagi sampai malam ada ombak besar terus, nelayakan tak berani mencari ikan maupun kerang. Mungkin akan terjadi paceklik karena kami kesusahan melaut sehingga harganya melambung tinggi," ucapnya. (bud/tribun jateng cetak)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved