Berita Demak

Bawaslu Demak Imbau Parpol Cermati Rancangan Dapil yang Disusun KPU

Bawaslu Kabupaten Demak layangkan imbauan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Penulis: Tito Isna Utama | Editor: sujarwo
TRIBUNJATENG/Tito Isna Utama
Ilustrasi. Suasana sosialisasi Bawaslu Demak dengan beberapa pihak yang dilakukan di Kantor Bawaslu Demak. 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Bawaslu Kabupaten Demak layangkan himbauan kepada KPU  terkait   penetapan  dapil  dan alokasi kursi DPRD  serta  pembentukan badan ad hoc. 

Diketahui, di tengah tahapan  pendaftaran dan verifikasi partai politik, serta tahapan pemutakhiran  data pemilih  pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak,  

"Sekarang ini  juga sedang  dalam proses  penetapan dapil dan alokasi kursi DPRD  serta pembentukan Badan ad hoc  (Panitia Pemilihan Kecamatan)," kata Ketua Bawaslu Demak Khoirul Saleh kepada Tribunjateng, Selasa (6/12/2022).

Menurutnya fenomena ini akan berpotensi  terjadinya pelanggaran maupun sengketa  manakala tidak dibarengi profesionalitas yang kuat. 

"Sedikit saja ada kebepihakan KPU  bisa jadi masalah panjang,”  tegas Ketua Bawaslu Demak.

Dengan mengedepankan konsep pencegahan terhadap terjadinya pelanggaran pemilu ataupun sengketa proses pemilu dalam penyelenggaraan pemilu 2024.  

Bawaslu kabupaten Demak melakukan berbagai kegiatan mulai dari konsolidasi dan koordinasi dengan para pihak terkait, perjanjian kerja sama,  sosialisasi pengawasan partisipatif, edukasi politik, pengembangan desa pengawasan dan desa anti politik uang.

"Sampai pada imbauan dan bahkan saran perbaikan ke KPU,  semua telah dilakukan  demi terwujudnya pemilu yang berkualitas," jelasnya.

Dia menilai Bawaslu Demak sebagai mitra penyelenggara di bidang pengawasan, Bawaslu terpanggil untuk memberikan imbauan kepada KPU  Demak dan ketua partai politik untuk mencermati  dan dapat memberikan masukan terhadap rancangan penyusunan daerah pemilihan  dan alokasi kursi DPRD.

"Sehingga endingnya dapat meminimalisir potensi pelanggaran pemilu atau bahkan sengketa  proses pemilu," tuturnya.

Terkait penetapan dapil  Bawaslu mewanti wanti kepada KPU untuk memperhatikan 7 prinsip penyusunan dapil sebagaimana amanat PKPU 6 /2022. 

"Kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas Integritas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan," tutupnya. (*)

Baca juga: Bawaslu Demak MOU Perguruan Tinggi terkait Pengawasan Partisipatif 

Baca juga: Bawaslu Demak Giat Lakukan Pembekalan Materi Guna Sukseskan Pemilu 2024

Baca juga: Bawaslu Demak Ajak Mahasiswa dan Santri untuk Ikut Partisipatif Pengawas Pelaksanaan Pemilu 2024

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved