Pemilu 2024

Sosialisasi Implementasi Perbawaslu, Bawaslu Kosem Perkuat Jajaran Panwaslu Kecamatan

Bawaslu Kota Semarang ajak jajaran pengawas pemilihan umum (Panwaslu) di tingkat kecamatan untuk menguatkan pemahaman peraturan tentang kepemiluan.

Editor: olies
Istimewa
Anggota Bawaslu RI periode 2011-2012, Bambang Eka Cahya menyampaikan paparan saat kegiatan yang diadakan Bawaslu Kota Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bawaslu Kota Semarang ajak jajaran pengawas pemilihan umum (Panwaslu) di tingkat kecamatan untuk menguatkan pemahaman berbagai peraturan tentang kepemiluan, salah satunya Perbawaslu dalam Pemilu 2024. Upaya ini diproyeksikan berbuah manis untuk mencegah potensi pelanggaran saat Pemilu 2024. 

Penguatan pemahanan itu dilakukan melalui kegiatan yang mengusung tema “Perkembangan dan Pemantapan Implementasi Perbawaslu dalam Pemilu 2024 untuk Pengawas Pemilu di Kota Semarang”, baru-baru ini. Kegiatan itu dihadiri peserta dari unsur Ketua Panwaslu Kecamatan, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Panwaslu Kecamatan, serta Staf SDM dan Organisasi Panwaslu Kecamatan. Sedang narasumber kegiatan ini adalah Bambang Eka Cahya Widodo, Ketua Bawaslu RI periode 2011-2012.

Ketua Bawaslu Kota Semarang Arief Rahman menyampaikan pentingnya pengetahuan dan kemampuan jajaran pengawas pemilu tingkat kecamatan terkait dengan pemahaman peraturan pengawasan penyelenggaraan pemilu dan penanganan pelanggaran.

“Kegiatan ini diselenggarakan harapannya agar jajaran pengawas di tingkat kecamatan dapat memahami peraturan-peraturan tentang kepemiluan sehingga dapat mencegah adanya potensi pelanggaran,” ujarnya melalui keterangan tertulis diterima Jumat (9/12/2022).

Baca juga: Punya Segudang Prestasi, Erick Thohir Cawapres Dambaan Milenial

Baca juga: Menang Lawan Chou Tien Chen, Jojo Susul Anthony Ginting ke Semifinal BWF World Tour Finals 2022

Baca juga: Hasil Babak II Skor 2-3 PSIS Semarang Vs Borneo FC Liga 1, Hari Nur Pecah Telur

Baca juga: Bawaslu Kota Semarang Gandeng Panwascam dan Pramuka Maksimalkan Saka Adhyasta

Anggota Bawaslu RI periode 2011-2012, Bambang Eka Cahya menjelaskan pengawasan merupakan segala upaya untuk melakukan pencegahan serta penindakan terhadap pelanggaran Pemilu dan sengketa proses Pemilu yang bertujuan untuk memastikan persiapan dan pelaksanaan Pemilu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

“Panwaslu Kecamatan adalah garda terdepan secara teknis dalam melakukan pengawasan, tugas pengawas pemilu adalah tugas yang berat tapi merupaka tugas mulia, jajaran pengawas di kecamatan ini adalah aktifis demokrasi, sehingga saya berharap bapak dan ibu dpat bekerja dengan sebaik-baiknya dalam mengawasi pemilu,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved