Berita Jateng

Ikut LapakGanjar, Bikin Order Florist Asal Semarang Melimpah

Program promosi via medsos yang digagas Ganjar Pranowo, LapakGanjar, konsisten membantu UMKM.

Penulis: hermawan Endra | Editor: Catur waskito Edy
istimewa
Program promosi via medsos yang digagas Ganjar Pranowo, LapakGanjar, konsisten membantu UMKM. Setelah membantu memasarkan 2.882 produk UMKM, kini giliran florist asal Semarang @asagift.id yang mendapat faedah instan berupa order yang melimpah, setelah produknya di-repost akun @ganjar_pranowo. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Program promosi via medsos yang digagas Ganjar Pranowo, LapakGanjar, konsisten membantu UMKM.

Setelah membantu memasarkan 2.882 produk UMKM, kini giliran florist asal Semarang @asagift.id yang mendapat faedah instan berupa order yang melimpah, setelah produknya di-repost akun @ganjar_pranowo.

Florist @asagift.id adalah usaha jual bunga yang dibikin duo Abiyuda Wirahadi dan Safhira Wirahadi. Berlokasi di Jalan Lamper Tengah VIII no 9, RT 06 RW 07, Kota Semarang, usaha ini bermula saat wabah Covid-19 melanda pada 2021.

Mulanya, usaha ini diinisiasi saat Safhira dan Abiyuda kebingungan mencari buket bunga, untuk sebuah acara. Lalu, mereka mencoba merangkai buket sendiri.

Berbekal sedikit uang jajan, serta ketrampilan yang dipelajari secara otodidak, keduanya mendirikan asagift. Mulanya, pelanggan mereka hanya kalangan teman kuliah di Undip Semarang. Rerata, mereka mendapat pesanan 3 hingga 4 buket per hari.

"Tahu LapakGanjar sudah lama. Kemarin sebelum valentine 2023 mencoba ikut posting buket bunga Hydrangea. Sebelum diposting pesanan buket 3-4 buah, setelah diposting pas valentine sampai 30-40 pesanan (senilai Rp 700 ribu) dalam sehari," ujar Abiyuda, Jumat (3/3/2023).

Abi mengaku, jumlah itu adalah pesanan terbanyak dalam satu hari. Bahkan, mereka terpaksa harus menangguhkan pesanan karena kewalahan. Maklum, usahanya itu hanya dikerjakan tiga orang.

Dari sisi harga, buket yang @asagift cukup terjangkau. Mulai dari Rp 12 ribu hingga jutaan rupiah, bergantung besar kecil dan kesulitan pembuatan. Selain buket bunga, mereka juga memproduksi kain selempang yang lazim digunakan saat kelulusan atau wisuda.

"Tidak hanya pesanan yang naik, jumlah followers kami di Instagram pun naik. Tadinya pengikut ada 3400 sekarang 3526," imbuhnya.

Abi mengaku, mengikuti LapakGanjar mudah. Cukup mengunggah foto produk yang menarik disertai tag (penandaan) ke akun @ganjar_pranowo dan @lapak_ganjar.

Berkat dipromosikan oleh Lapak Ganjar, selain jumlah pesanan meningkat, pemesannya juga datang dari luar Semarang. "Selain itu, ada pelanggan baru juga yang datang. Kalau dulu yang pesan hanya dari Semarang, kini dari Jakarta dan Surabaya juga. Harapannya LapakGanjar membantu UMKM dari daerah-daerah lain," urainya.

Seorang pelanggan @asagift.id Tiwi mengakui kualitas buket dari florist tersebut. "Kualitasnya bagus, kan saya punya teman juga yang jualan seperti ini tapi ini dapat papperbag dan bagus. Harganya pun murah," ucap warga Semarang Timur itu.

Berdasar data Dinkop UKM Provinsi Jawa Tengah, hingga Oktober 2022, Lapak Ganjar telah membantu promosi sebanyak 2.882 UMKM di 112 kabupaten/kota. Tidak hanya di Jateng, banyak pula usaha dari provinsi lain ikut mencicipi manisnya berjualan via LapakGanjar. (*)

Baca juga: Jelang Ramadan 2023, Sektor-Sektor Ini Diprediksi Melonjak Saat Ramadhan

Baca juga: Sosok Risma Sang Fans Pemuda India Asib Ali Bhore yang Ditolak Mentah-mentah Saat Melamar Gadis Wajo

Baca juga: WISATA COPET : Rela Tempuh Ratusan Kilometer dan Sewa Mobil untuk Berwisata dan Nyopet di Purworejo

Baca juga: Dimulailah Sekarang! Saran Kemenag Jateng: Jamaah Calon Haji Jaga Pola Makan dan Hidup Teratur

Sumber: Tribun Jateng
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved