Guru Berkarya

Efektivitas Pembelajaran Bentuk Geometri dengan Smart Box pada Anak TK

Memberikan pelajaran untuk anak TK dengan sistem yang efektif dan menyenangkan sangat diperlukan untuk membantu tumbuh kembang anak.

Editor: galih permadi
IST
Siti Khomariah, S.Pd., Guru TK PGRI 1 Sulursari, Kec. Gabus, Kab. Grobogan 

Oleh: Siti Khomariah, S.Pd., Guru TK PGRI 1 Sulursari, Kec. Gabus, Kab. Grobogan

Memberikan pelajaran untuk anak TK dengan sistem yang efektif dan menyenangkan sangat diperlukan untuk membantu tumbuh kembang anak. Anak-anak usia TK biasanya memiliki pemikiran yang unik dan berbeda-beda. Untuk mempelajari hal di sekitarnya, mereka biasanya mempunyai cara tersendiri.

Efektivitas pembelajaran adalah tingkat keberhasilan yang dicapai dari suatu metode pembelajaran tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Menurut Supriyono efektivitas pembelajaran (2014: 1) merujuk pada berdaya dan berhasil guna seluruh komponen pembelajaran yang diorganisir untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran efektif mencakup keseluruhan tujuan pembelajaran baik yang berdimensi mental, fisik, maupun sosial.

Anak usia TK termasuk anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan sehingga guru harus memaksimalkan pembelajaran anak. Sifat anak TK sangat aktif sekali dengan hal-hal yang bersifat baru. Anak TK juga cepat sekali mengalami rasa bosan sehingga guru harus tahu cara memberi pelajaran untuk anak TK yang tepat.

Setidaknya ada tiga langkah kongkrit yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengefektifkan pembelajaran. Guru harus mengevaluasi metode, strategi pembelajaran dan daya dukung untuk pembelajaran. Guru harus mengetahui intak (kemampuan siswa yang pernah dipelajarinya). Tingkat kesulitan materi pembelajaran juga harus diketahui oleh guru.

Salah satu pembelajaran di TK adalah mengenalkan bentuk-bentuk yang berhubungan dengan benda-benda kongkrit di lingkungan sekitar anak, seperti bentuk buku, papan tulis, meja, bendera dan lain sebagainya. Anak nantinya dapat mengenal bentuk-bentuk geometri melalui pembelajaran yang diberikan oleh guru. Pembelajaran perlu dirancang agar anak lebih banyak melakukan kegiatan eksplorasi berbagai bentuk yang sering mereka temui dalam kehidupan sehari-harinya.

Belajar pengenalan bentuk geometri memiliki peranan penting dalam perkembangan kognitif karena merupakan salah satu pelajaran yang memang harus diberikan kepada anak. Dalam belajar bentuk geometri untuk anak masih sederhana dan berbeda saat diajarkan pada sekolah dasar nantinya. Dalam meningkatkan kemampuan pengenalan anak terhadap bentuk geometri dapat dilakukan dengan berbagai hal, di antaranya adalah permainan menggunakan media smart box.

Mengenalkan berbagai macam bentuk geometri pada anak usia dini dapat dilakukan dengan cara mengajak anak bermain sambil mengamati berbagai benda di sekelilingnya. Karena dunia anak adalah dunia bermain, maka akan lebih mudah mengenalkan bentuk-bentuk geometri melalui permainan. Efektivitas pembelajaran dapat dilakukan dengan cara bermain mengunakan smart box.

Salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pada anak TK PGRI 1 Sulursari Kecamatan Gabus adalah dengan menggunakan daya dukung berupa media pembelajaran. Media smart box menurut Indah (2016: 6) merupakan media pembelajaran untuk mengenalkan kepada anak mengenai bentuk-bentuk geometri. Smart box dibuat dari bahan kardus bekas dan beberapa bahan lain yang ramah lingkungan. Melalui media ini anak dapat belajar dan bereksplorasi serta menemukan pengetahuan mereka tentang bentuk–bentuk geometri. Media ini dipandang perlu untuk menjawab kesulitan guru tentang media yang tepat, menarik, dan murah yang dapat digunakan untuk pembelajaran geometri di Taman Kanak-kanak

Prinsip bermain adalah anak harus mengedepankan belajar. Bahwa bermain untuk belajar, bukan bermain untuk mainan itu sendiri. Strategi dalam pemilihan jenis permainan yang digunakan di TK harus sesuai dengan perkembangan anak. Pemilihan jenis permainan dengan media smart box ini dilakukan agar pesan edukatif dalam permainan dapat ditangkap anak dengan mudah. Selain itu juga terciptanya suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved