Berita Kudus

83 Siswa SMK Muhammadiyah Jekulo Kudus Dilatih Jadi SDM Khusus Bidang Teknik Komputer Jaringan

Dalam rangka menghadapi era pendidikan 4.0, sebanyak 83 siswa SMK Muhammadiyah Jekulo Kudus dilatih menjadi sumber daya manusia (SDM) khusus di bidang

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Catur waskito Edy
istimewa
SMK Muhammadiyah Jekulo Kudus dilatih cloud computing AWS technology sagasitas tech for Indonesia 2023 bersama sejumlah tenaga pendidik di bidang TKJ, Rabu (24/5/2023). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Dalam rangka menghadapi era pendidikan 4.0, sebanyak 83 siswa SMK Muhammadiyah Jekulo Kudus dilatih menjadi sumber daya manusia (SDM) khusus di bidang teknik komputer dan jaringan (TKJ). 

Tahap pertama, mereka dilatih tentang cloud computing AWS technology  sagasitas tech for Indonesia 2023 bersama sejumlah tenaga pendidik di bidang TKJ.

Kegiatan tersebut hasil kolaborasi Djarum Foundation dengan Amazon Web Service (AWS) serta iFORTE sejak, Minggu-Rabu (21-24/5/2023) yang diikuti siswa kelas X dan XI.

Kepala SMK Muhammadiyah Jekulo, Salim mengatakan, pelatihan cloud computing dimaksudkan untuk membekali siswa dan tenaga pendidik tentang sebuah teknologi modern. 

Yaitu teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk pencadangan data, pemulihan bencana, email, desktop virtual, pengembangan dan pengujian perangkat lunak, hingga analitik big data. 

Selain itu, lanjut dia, teknologi tersebut juga bisa digunakan untuk aplikasi web tatap muka dengan pelanggan oleh industri dan organisasi. Utamanya dalam rangka menyiapkan kebutuhan tenaga kerja di bidang layanan web server, database server, dan beberapa hal yang terkait. 

"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan dan menyiapkan SDM berkualitas, baik siswa maupun guru khususnya dari kompetensi keahlian TKJ," terangnya, Rabu (24/5/2023).

Salim menyebut, pelatihan ini dapat membantu siswa dan tenaga pendidik dalam menyelesaikan masalah secara cepat, sesuai dengan perkembangan era pendidikan 4.0. 

Di lain sisi, juga berfungsi untuk meningkatkan pembelajaran agar lebih maju, sertifikasi AWS, robotics, IoT dan pengenalan teknologi Artificial Intelligence.

"Ke depannya, kami harapkan lulusan jurusan TKJ SMK Muhammadiyah Jekulo tidak hanya mampu di bidang komputer dan jaringan saja, tetapi bisa dikembangkan pada layanan internet berbagai platform yang dibutuhkan masyarakat," tutur dia. 

Salim berharap, program yang kini sedang diajarkan kepada pelajar dan guru TKJ ini dapat diimplementasikan dalam rangka mendukung skenario proses belajar dan mengajar lebih luas bagi sekolah. (Sam)

Baca juga: Total Jadi 663 Bacaleg, Tiga Parpol di Blora Tambah Bacalegnya di KPU Blora, Berikut Parpolnya

Baca juga: Daftar Lengkap Pelatih Liga 1, 4 Klub Datangkan Coach Baru, PSIS, Persib dan Persija Masih Setia

Baca juga: Selebrasi Sujud Syukur Ronaldo yang Gemparkan Suporter Al Nassr, Didoakan Dapat Hidayah

Baca juga: Satnarkoba Polres Karanganyar Sita 5 Gram Sabu, Ribuan Obat Daftar G dan Tembakau Sintetis

Sumber: Tribun Jateng
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved