Home »

Solo

Bank Sampah di Solo Belum Maksimal, Produksi Sampah Masih 270 Ton Per Hari

Keberadaan bank sampah di Solo disebut belum mampu mengurangi produksi sampah kota hingga saat ini.

Bank Sampah di Solo Belum Maksimal, Produksi Sampah Masih 270 Ton Per Hari
TPA yang Dikelola PT Cempo

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Keberadaan sampah'>bank sampah di Solo disebut belum mampu mengurangi produksi sampah kota hingga saat ini.

Minimnya kesadaran masyarakat akan tata kelola sampah dianggap menjadi alasan utama belum maksimalnya sampah'>bank sampah di Kota Solo ini.

Begitu ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo, Hasta Gunawan, Kamis (11/1/2018).

Hasta mencatat hingga akhir 2017, terdapat 200 sampah'>bank sampah yang tersedia di tingkat rukun warga (RW) di seluruh kelurahan di Kota Solo.

Meski begitu, ratusan sampah'>bank sampah ini menurutnya belum semua berfungsi optimal.

Pasalnya, produksi sampah harian kota yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Solo, masih di angka 270 ton per hari.

"Kalau sekarang ada 200 sampah'>bank sampah di Kota Solo. Target pada tahun ini naik jadi ada 300 sampah'>bank sampah. Tetapi saat ini mungkin 50 persen saja yang optimal, lainnya masih belum. Apalagi produksi sampah setiap hari semakin bertambah," jelas dia.

Ia menjelaskan, produksi sampah harian di Kota Solo yang mencapai 270 ton per  hari diharap bisa mengalami penurunan seiring adanya sampah'>bank sampah tersebut. Paling tidak menurun hingga 20 persen dari angka produksi sampah harian.

"Harapannya dengan sampah'>bank sampah yang sudah ada bisa menekan volume sampah yang masuk ke TPA Putri Cempo, sehingga sampah tidak dibuang sembarangan, tetapi dapat dimanfaatkan dan didaur ulang," ungkap Hasta.

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help