Ki Enthus Susmono Meninggal Dunia

Kenangan Ganjar Pranowo Ketika Rapat dengan Bupati Enthus, Ceplas Ceplos dan Berani

Ganjar menilai almarhum adalah sosok kepala daerah yang unik dibanding dengan kepala daerah yang lainnya.

Kenangan Ganjar Pranowo Ketika Rapat dengan Bupati Enthus, Ceplas Ceplos dan Berani
TRIBUN JATENG/MAMDUKH ADI P
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Bupati Tegal Enthus Susmono 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut berbelasungkawa atas meninggalnya Bupati Tegal nonaktif Enthus Susmono atau Ki Enthus, Senin (14/5/2018) malam.

Ganjar menilai almarhum adalah sosok kepala daerah yang unik dibanding dengan kepala daerah yang lainnya.

"Saya baca simpel saja, dia melakukan transparansi, keberanian dan tidak pernah ragu-ragu. Menurut saya, apa yang disampaikan terkadang tidak pas, tapi itu unik dibanding kepala daerah yang lain di Jateng," ucap Ganjar, ketika dimintai pendapatnya, Selasa (15/5/2018).

Pria 49 tahun ini berujar bahwa Ki Enthus adalah sahabatnya yang sangat pemberani. Enthus yang juga dalang nyentrik itu suka berbicara ceplas-ceplos.

Namun di balik bicaranya yang terbuka itu, Ganjar menangkap bahwa apa yang disampaikan itu adalah hal baik.

"Beliau orangnya berani. Suka ceplas-ceplos tapi maksud hatiknya baik. Saya merasa kehilangan dan mendoakan agar khusnul khotimah," ujarnya.

Ganjar sendiri mengenang Ki Enthus saat ia pertama kali rapat bersama.

Namun dalam rapat, almarhum melakukan interupsi dan berbicara sesuai apa yang dikehendakinya. Melalui moment itu hubungan Ganjar dengan Ki Enthus menjadi dekat. Ganjar juga kerap kena "ledekan" dari dalang kondang itu.

"Ternyata gaya yang disampaikan itu gaya khas dalang, gaya Ki Enthus betul. Jadi seniman yang melihat rapat seperti dalang, semua ditembak satu persatu," ucapnya, "Dia berani, maka saya suka. Saya panggil ajak bicara, ternyata itu style beliau. Itu pengalaman bagi saya yang tidak terlupakan," paparnya.

Ki Enthus Susmono meninggal diduga akibat serangan jantung di Rumah Sakit di Slawi. Ki Enthus berstatus nonaktif sebagai bupati karena tengah menjalani cuti saat memutuskan maju untuk kedua kalinya di Pilkada Kabupaten Tegal 2018.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Ganjar: Ki Enthus itu Pemberani dan Suka Ceplas-Ceplos...

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved