OUTLOOK 2014

Ganjar Pranowo Anggarkan Rp 1,225 Triliun untuk Infrastruktur

Ganjar Pranowo anggarkan Rp 1,225 triliun untuk infrastruktur 2014 dan akan ditingkatkan lagi.

Penulis: galih pujo asmoro | Editor: iswidodo
TRIBUN JATENG/WAHYU SULISTYAWAN
Gubernur Ganjar Pranowo 

Laporan Tribun Jateng, Raka F Pujangga/Galih Pujoasmoro

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Pernyataan  pertama  Ganjar Pranowo, setelah dilantik menjadi Gubernur Jawa Tengah, 23 Agustus 2013 lalu, adalah pengucuran anggaran yang memadai untuk perbaikan jalan rusak.

Menurut Ganjar, perbaikan jalan rusak merupakan persoalan mendesak yang harus segera diselesaikan. "Saya minta perhatian fokus pada infrastruktur. Tahun ini masih ada waktu tiga bulan, daripada untuk membangun dan ada temuan BPK, lebih baik untuk memperbaiki jalan yang rusak,” kata Ganjar, ketika itu.

Semua jalan berlubang segera ditambal agar rakyat senang. Hasilnya, pada APBD 2014, Pemprov Jateng menganggarkan Rp 1,225 triliun untuk anggaran infrastruktur. Angka yang terbilang besar, meskipun lebih kecil dari janji Ganjar semula, yang mencapai Rp 1,5 triliun.

"Tentunya anggaran yang ada pada 2014 itu tidak bisa menyelesaikan semua permasalahan infrastruktur. Masih kurang jauh anggarannya, makanya mana yang harus di-speed-up terlebih dahulu diprioritaskan.

Tahun depannya, 2015. anggarannya akan kami tingkatkan lagi. Karena perbaikan infrastruktur ini memerlukan konsistensi. Barulah nanti, kalau dirasa infrastruktur sudah cukup lebih baik anggarannya akan disesuaikan lagi," kata Ganjar, pada wawancara dengan Tribun Jateng di rumah dinas gubernur, Puri Gedeh, beberapa waktu lalu.

Apa yang menjadi harapan Ganjar dalam membangun Jateng? "Infrastruktur yang baik tentunya akan berdampak terhadap sektor lainnya. Infrastruktur jalan bagus, investor tertarik masuk," katanya.

Selain itu, Ganjar juga memiliki rancangan untuk lebih mengembangkan wilayah Jawa Tengah bagian selatan sehingga investor mengarah ke sana. Efek lainnya perusahaan yang ada akan membuat ekonomi masyarakat sekitarnya ikut meningkat. "Dengan demikian, pembangunan di Jateng tidak hanya pada kawasan pantura," katanya. (tribuncetak)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved