Breaking News:

Public Service

Apa itu ATCS dan Apa Kelebihannya

eringkali kita menjumpai istilah ATCS di lampu merah. Apa itu ATCS dan apa kelebihannya jika dibandingkan dengan timer lampu merah?

Penulis: Daniel Ari Purnomo | Editor: Catur waskito Edy
Apa itu ATCS dan Apa Kelebihannya

Tribunjateng.com, Tugumuda -- Seringkali kita menjumpai istilah ATCS di lampu merah. Apa itu ATCS dan apa kelebihannya jika dibandingkan dengan timer lampu merah?

Kepala Dishubkominfo Kota Semarang, Agus Harmunanto menjelaskan bahwa  kelebihan ATCS pada lampu lalu lintas. ATCS adalah Area Traffic Control System atau sistem pengendalian area lalu lintas.

Sebelum diaplikasikan sistem tersebut, Dishubkominfo telah menggunakan timer di setiap persimpangan lampu lalu lintas. Penggunaan timer hanya untuk mengetahui durasi nyala lampu lalu lintas.

"Apabila kondisi jalan semakin padat, kami harus mengurai kemacetan secara manual, yakni turun ke jalan. Timer tidak bisa kami manfaatkan untuk mengurai kemacetan. Penggunaan ATCS sementara ini selangkah lebih membantu kerja rekan-rekan Dishubkominfo Kota Semarang dalam mengurai kemacetan di beberapa titik," jelasnya.

Agus Harmunanto memberikan contohnya. "Semisal kita memantau arus lalu lintas di Tugu Muda. Arus kendaraan dari Jalan Pandanaran lengang, sedangkan arus dari Jalan Pemuda sangat padat dan mengular," ujarnya.

Kondisi tersebut dapat dipantau dari jauh melalui sejumlah CCTV yang dipasang di kawasan Tugu Muda. Adanya situasi demikian, dapat mengendalikan durasi lampu hijau di Jalan Pandanaran untuk dimanfaatkan di Jalan Pemuda yang kondisinya sudah lebih dipadati kendaraan.

Apabila di suatu persimpangan lalu lintas sudah ada timer, dapat dipastikan pula di kawasan itu tidak ada ATCS. Penggunaan timer tidak bisa diselaraskan dengan ATCS, karena dapat membingungkan pengendara kendaraan.(dna)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved