Breaking News:

Mudik Lebaran 2016

Trans Marga Jateng Tak Setuju, Semua Macet di Tol Harus Digratiskan

Senior Supervisor Trans Marga Jateng (TMJ), Imam Zarkasih meminta penggratisan kendaraan masuk pintu tol yang dikelola TMJ sesuai prosedur.

Penulis: Daniel Ari Purnomo | Editor: rika irawati
TRIBUN JATENG/DANIEL ARI PURNOMO
Kendaraan mengular di pintu tol Bawen, Kamis (7/7/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Daniel Ari Purnomo

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Senior Supervisor Trans Marga Jateng (TMJ), Imam Zarkasih menuturkan, langkah penggratisan kendaraan masuk pintu tol yang dikelola TMJ, saat terjadi kemacetan harus melalui prosedur, tak bisa sepihak dan mendadak.

"Harus dianalisa dulu, kemacetannya salah TMJ atau bukan. Kalau bukan, kami tak bisa semena-mena loss kendaraan. Kalau ada eror di pihak TMJ, kami koordinasikan dengan pihak pusat untuk solusi lebih lanjut, di antaranya bisa gratis tol," paparnya saat dihubungi Tribunjateng.Com, Jumat (8/7/2016).

Imam mencontohkan, kemacetan yang sempat terjadi di pintu tol Bawen hingga Tuntang, Kamis (7/7/2016) lalu, bukanlah kesalahan TMJ. Ia menuding, secara teknis, ada penyempitan lebar jalan di pertigaan Bawen sebagai pemecah arus kendaraan tujuan Solo maupun Yogyakarta.

"Sedangkan jalur alternatif ruas tol Bawen-Salatiga baru dibuka siang hari. Volume kendaraan terlanjur memadat, meski akhirnya dapat terurai," imbuhnya.

Dilansir kompas.com, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan setuju saran pembebasan biaya tol bagi pemudik tatkala terjadi kemacetan sebagai imbas dari proses pembayaran di gardu tol.

"Kami sudah mengingatkan kalau gerbang-gerbang tol itu diusulkan kalau macet harus digratiskan, dibuka," kata Jonan saat meninjau arus balik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (7/7/2016).

Menurut Jonan, proses pembayaran yang dilakukan secara tunai di gerbang tol akan menyebabkan antrean panjang.

"Memang kalau sudah macet sekali banyak yang pakai tunai. Itu kalau pintunya masih pakai tunai, saya kira berat. Orang bilang itu gak ada hubungannya memang exit-nya saja. Loh coba kita liat. Kalau banyak yg tunai pasti macet," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved