Pilkada 2018

Warga Kaget Temukan Kotak Suara Kosong, Ternyata . . .

Warga Kaget Temukan Kotak Suara Kosong. Lokasi di TPS 1, Pendopo Kantor Kecamatan, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur

Warga Kaget Temukan Kotak Suara Kosong, Ternyata . . .
tribunjateng/akhtur gumilang
Saat ramai karena kotak suara Pilwakot Tegal di TPS 1, Panggung, Tegal Timur, Kota Tegal dalam kondisi kosong, Juni 2018 

TRIBUNJATENG.COM - Satu kotak pemungutan suara untuk Pilwakot Tegal 2018 ditemukan kosong di TPS 1, Pendopo Kantor Kecamatan, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota tegal, Sabtu (30/6) pukul 16.10 WIB.

Warga pun kaget melihat kotak kosong ketika penghitungan perolehan suara pemilihan walikota dan wakil walikota Tegal akan dimulai.

Temuan itu pertama kali diketahui oleh Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Panggung, Andi Imam Sukirman saat membuka kotak suara TPS 1. Kotak yang sudah disegel itu ternyata isinya kosong.

Beberapa saksi dari Tim Sukses (Timses) Pasangan Calon (Paslon) Walikota-Wakil Walikota pun mengajukan keberatan atas kondisi kotak suara yang kosong.

Tak lama kemudian, Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko mendatangi lokasi untuk melihat situasi.

Agus menyebut, apabila ada saksi-saksi yang merasa keberatan dengan kejadian ini agar mengisi catatan kejadian khusus atau membuat berita acara keberatan.

"Dibubuhi dan ditanda-tangani oleh para saksi dengan menyebut, surat kotak suara TPS 1 Kelurahan Panggung pilwalkot tidak ada form C KWK, C1 KWK dan C1 KWK plano dan terdapat pada kotak suara TPS 1," kata Agus saat dikonfirmasi Tribun Jateng kemarin.

Kosongnya surat suara di kotak ini sempat membuat geger seisi Pendopo Kecamatan. Bahkan, Kapolres Tegal Kota AKBP Jon Wesly dan Dandim Tegal 0712 Letkol Kav Kristiyanto ikut memantau langsung suasana di Pendopo.

Setelah diperiksa lebih lanjut, ternyata dokumen suara untuk Pilwakot Tegal berada di kotak suara TPS 1 Pilgub Jateng.

Setelah menemui titik temu, penghitungan perolehan suara Pilwalkot Tegal dilanjutkan lagi dengan dimulai dari TPS 1.

Menurut Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) 1 Kelurahan Panggung Supriyanto, kerancuan muncul karena salah meletakkan surat suara Pilwalkot TPS 1 yang dimasukkan ke dalam kotak suara TPS 1 Pilgub.

"Iya, salah meletakkan surat suara ke kotak. Hal-hal seperti ini memang harus diantisipasi," tutur Supriyanto. (tribunjateng/cetak/Gum)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved