Gempa Lombok

Presiden Jokowi Tegaskan Pemerintah Bantu Rp 50 Juta Untuk Rumah Rusak Berat Akibat Gempa

Presiden Jokowi menargetkan sebanyak seribu kepala keluarga telah mendapatkan bantuan pada esok hari.

Presiden Jokowi Tegaskan Pemerintah Bantu Rp 50 Juta Untuk Rumah Rusak Berat Akibat Gempa
Seorang perempuan melintas dekat kios yang temboknya roboh pascagempa bumi di Dusun Lendang Bajur, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Senin (6/8/2018). Gempa bumi bermagnitudo 7 mengguncang Lombok, Minggu (5/8/2018) malam. (ANTARA FOTO/ AHMAD SUBAIDI) 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -‎ Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas bersama jajarannya, usai melakukan peninjauan kondisi terdampak gempa di Lombok Utara, NTB.

Rapat terbatas tersebut digelar di halaman RSUD Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Senin (14/8/2018).

Sejumlah arahan diberikan oleh Presiden dalam rapat terbatas tersebut agar penanganan pascagempa dapat berjalan dengan baik dan segera memulihkan perekonomian wilayah setempat.

"Pertama, pastikan betul jumlah rumah rusak berat maupun rusak sedang dan rusak ringan," ujar Jokowi, seperti dikutip dalam keterangan Biro Pers Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Data-data terkait kerusakan rumah milik warga saat ini dibutuhkan untuk memudahkan pemerintah pusat mendistribusikan bantuan yang akan diberikan kepada tiap kepala keluarga.

Bagi warga yang rumahnya mengalami rusak berat, pemerintah telah menetapkan akan memberikan bantuan sebesar Rp 50 juta.

Sebagai arahan kedua, Presiden Joko Widodo memerintahkan agar bantuan bagi warga yang tempat tinggalnya mengalami kerusakan berat untuk dapat diserahkan mulai esok.

Dia menargetkan sebanyak seribu kepala keluarga telah mendapatkan bantuan pada esok hari.

"Dimulai besok pagi akan segera kita serahkan bantuan untuk rumah yang rusak berat. Saya harapkan besok paling tidak minimal bisa seribu diserahkan. Kemudian setelah itu penyerahan bantuan untuk perbaikan rumah lainnya segera dilaksanakan terus," ucapnya.

Selain itu, Presiden menginginkan agar aktivitas perekonomian di daerah terdampak gempa dapat sesegera mungkin dipulihkan.

Halaman
12
Editor: m nur huda
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved