Breaking News:

Pemilu 2019

Kotak Suara Karton, KPU Bisa Hemat Anggaran hingga 70,3 Persen

Kotak suara berbahan karton hanya membutuhkan biaya seperempat atau 25% dari pagu anggaran kotak suara

Tribunnews/Jeprima
Ketua KPU Arief Budiman saat melakukan uji coba keluatan Kotak Suara Pemilu 2019 dengan menyemprot air di Halaman Gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin (17/12/2018). Hal ini dilakukan untuk membuktikan bahan yang digunakan untuk kotak suara tahan air. Sebelumnya ramai jadi perbincangan mengenai bahan yang digunakan untuk kotak suara Pemilu 2019, saat ini mekanisme pengadaan kotak suara berbahan karton kedap air sudah diperkuat di dalam UU Pemilu. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, biaya produksi kotak suara berbahan dasar karton kedap air tergolong murah. Kotak suara berbahan karton hanya membutuhkan biaya seperempat atau 25% dari pagu anggaran kotak suara.

Dari Rp 948 miliar, KPU hanya menggunakannya sebesar Rp 284 miliar. Dengan kata lain, KPU telah melakukan penghematan produksi kotak suara sebesar 70,3%.

"Mungkin karena harga fluktuatif ya, bahkan mungkin bisa lebih murah lagi dibandingkan seperempatnya itu tadi. KPU melakukan penghematan itu," kata Arief di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (17/12/2018).

Penghematan ini dinilai sesuai dengan cita-cita KPU untuk menyelenggarakan pemilu yang murah. Apalagi, penyediaan surat suara bukan hanya soal produksinya, tetapi juga biaya distribusi, penyimpanan, hingga perakitan kembali. Kotak suara berbahan dasar karton dinilai bisa menghemat unsur-unsur lain di luar produksi.

"Kita juga menghemat biaya lain yang tidak kelihatan, tidak perlu stock opname(perawatan di gudang), tidak menyewa gudang besar," ujar Arief.

Berikut nilai penghematan kotak dan bilik suara berdasar data Pemilu:

1. Kotak suara

- Jumlah: 4.060.079

- Pagu Anggaran: Rp 948.111.800.000

- Kontrak: Rp 284.185.351.099

Halaman
1234
Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved