Reaksi Pelawak Komar saat Diminta Serahkan Ijazah S2 dan S3, Kasusnya Kini Dilimpahkan ke Kejari

Atas pelimpahan tersebut, pihak Universitas Muhadi Setiabudhi (Umus) Brebes menyampaikan apresiasi atas kinerja kepolisian dan kejaksaan

Reaksi Pelawak Komar saat Diminta Serahkan Ijazah S2 dan S3, Kasusnya Kini Dilimpahkan ke Kejari
Tribun Jateng/ M Zaenal Arifin
Mantan pelawak era 1990-an, Nurul Qomar, dibawa petugas Kejaksaan Negeri (Kejari) Brebes untuk pemeriksaan usai dilakukan pelimpahan tahap II dari Polres Brebes, Rabu (26/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Berkas kasus dugaan pemalsuan ijazah yang menyeret mantan pelawak kondang era 1990-an, Nurul Qomar atau akrab disapa Komar, telah dilimpahkan Polres Brebes ke Kejasaan Negeri (Kejari) Brebes, Rabu (26/6/2019)

Atas pelimpahan tersebut, pihak Universitas Muhadi Setiabudhi (Umus) Brebes menyampaikan apresiasi atas kinerja kepolisian dan kejaksaan.

Pasalnya, perbuatan Komar dianggap telah menodai dunia pendidikan.

"Kami jelas mengapresiasi kinerja kepolisian dan kejaksaan. Umus ini lembaga pendidikan, dan ada oknum yang menodai dengan Surat Keterangan Lulus (SKL) palsu itu," kata kuada hukum UMUS Brebes, Tobidin Sarjum, Rabu (26/6/2019).

Menurutnya, perbuatan Komar sudah masuk pelanggaran berat. Pasalnya, posisinya sebagai Rektor Umus itu menyangkut hajat hidup seluruh mahasiswa. Dengan SKL yang dipalsukan, maka seluruh legalitas pendidikan mahasiswa pun turut dipertanyakan.

"Untungnya dia (Komar--red) belum sempat mewisuda mahasiswa. Perbuatannya itu berkaitan dengan hajat orang banyak, hajat anak bangsa. Bagaimana nantinya kualitas pendidikan kalau banyak yang dipalsukan," ucapnya.

Tobidin memaparkan, dugaan pemalsuan tersebut berawal saat akan dilakukan prosesi wisuda mahasiswa pada November 2017 lalu.

Saat itu, pihak Kopertis meminta pihak Yayasan agar menyerahkan ijazah S2 dan S3 rektor sebagai persyaratan.

Oleh pihak Yayasan, kemudian ijazah itu dimintakan kepada Komar.

Namun ia tak dapat menunjukkannya dan bilang masih dalam proses.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved