Briliant! Mahasiswa Undip Ciptakan Alat Pengubah Bising Jadi Energi Listrik

Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) mengembangkan sebuah alat yang mampu mengubah suara bising menjadi energi listrik.

Briliant! Mahasiswa Undip Ciptakan Alat Pengubah Bising Jadi Energi Listrik
ISTIMEWA
Rifki Rokhanudin, Ragil Adi Nugroho dari Prodi Fisika Undip, serta Yudha Cindy Pratama dari Prodi Teknik Elektro Undip, menampilkan produk Sinting, alat pengubah kebisingan menjadi energi listrik ramah lingkungan. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) mengembangkan sebuah alat yang mampu mengubah suara bising menjadi energi listrik.

Mereka menamakan alat tersebut 'Sinting' atau Sound Energy Harvesting.

Ketiga mahasiswa Undip itu di antaranya Rifki Rokhanudin, Ragil Adi Nugroho dari Prodi Fisika Undip, serta Yudha Cindy Pratama dari Prodi Teknik Elektro Undip.

Mereka berhasil mengembangkan alat untuk mengonversi kebisingan yang ada di bandara menjadi energi listrik ramah lingkungan.

Kepada Tribun Jateng, salah satu anggota pengembang Sinting, Ragil Adi Nugroho menuturkan, ia dan teman-temannya memiliki ide tersebut sejak Maret 2019 lalu.

Ide itu datang tatkala mereka mendatangi bandara internasional Ahmad Yani Semarang.

"Di sana kami menemukan fakta bahwa bandara bising," katanya, Senin (22/7/2019).

"Kami bikin ide penelitian menghilangkan kebisingan di bandara karena intensitasnya tinggi dan cenderung mengganggu," sambung Ragil.

Dari riset yang dilakukan sejak Maret hingga Juli 2019, Ragil memaparkan mereka berusaha untuk membuat alat yang dapat memantulkan kebisingan.

Energi suara melalui kebisingan itu selanjutnya harus bisa dikonversikan menjadi energi listrik.

Halaman
123
Penulis: akbar hari mukti
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved