Bupati M Natsir Resmi Buka Demak Expo 2019, Targetkan Transaksi Hingga Rp 1,17 Miliar

Bupati Demak M Natsir resmi membuka Demak expo di Sanggar Pramuka Kabupaten Demak, Kamis (1/8/2019), dan tergetkan Rp 1,2 Miliar.

Bupati M Natsir Resmi Buka Demak Expo 2019, Targetkan Transaksi Hingga Rp 1,17 Miliar
TRIBUN JATENG/MOCH SAIFUDIN
Bupati Demak M Natsir didampingi sejumlah pimpinan dari Forkompimda Demak memotong pita dalam Demak Expo 2019 di Sanggar Pramuka 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Demak expo resmi dibuka di Sanggar Pramuka Kabupaten Demak, Kamis (1/8/2019).

Dalam pelaksanaan tersebut Dinas Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Demak targetkan penjualan hampir Rp 1,2 miliar.

"Di tahun 2018, sebelumnya, Demak Expo mendapat hasil perjualan sebesar Rp 1,02 miliar," kata Kepala Dindagkop Kabupaten Demak, Siti Zuarin.

Ia menjelaskan, pelaksanaan Demak Expo berlangsung pada 1-4 Agustus 2019. Ia menyebut dalam Demak Expo kali ini terdapat 107 stan.

Di antaranya, 26 stan dari usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM), yaitu konveksi, tas, sepatu, batik, kaligrafi, mebel, seni, dan lainnya.

Hindari Kekeringan, Warga Desa Lempuyang Kabupaten Demak Gelar Sedekah Bumi

"Stand OPD berjumlah 12. BUMN, bank daerah, dan gerakan koperasi sebanyak 34. Serta stan kuliner berjumlah 35," terangnya dalam sambutan Demak Expo 2019 KUMKM Hebat Menuju Revolusi Industri 4.0.

Zuarin menjelaskan Demak Expo bertujuan sebagai wadah mempromosikan potensi dan peluang investasi.

Yaitu mempromosikan produk unggulan koperasi dan UMKM Kabupaten Demak, dan memberikan hiburan murah meriah kepada masyarakat.

Selain itu Demak Expo juga bertujuan menciptakan pasar lokal, regional, hingga internasional, serta terjalinnya kemitraan antara usaha mikro kecil dengan usaha menengah dan usaha besar, serta antara usaha kecil dengan perbankan, BUMN maupun BUMD.

Selain itu ia juga berharap agar masyarakat lebih mencintai produk lokal dibandingkan produk lainnya.

"Kepada masyarakat sebaiknya mewujudkan rasa bangga dan cinta terhadap produk lokal dengan bela dan beli produk umkm," jelasnya.

Sementara Bupati Demak, M Natsir yang membuka acara mengatakan, Pemerintah Kabupaten Demak menjadikan sektor UMKM menjadi salah satu sektor prioritas untuk menekan angka kemiskinan, mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan.

“Dalam hal permodalan, Pemkab telah mengucurkan kredit lunak tanpa agunan. Sedangkan untuk promosi, pemerintah memberikan fasilitas kepada pengusaha UMKM untuk mengikuti berbagai pameran berskala lokal maupun nasional. Hal ini dilakukan agar UMKM yang ada di Kabupaten Demak dapat tetap survive,” terangnya.

Kenakan Seragam Pakian Adat, Para ASN Pemprov Jateng Makin Bangga

Melalui momentum Demak Expo itu, Natsir menghimbau kepada para pelaku usaha agar meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

“Jangan biarkan masyarakat berpaling ke produk luar dikarenakan kecewa dengan produk lokal. Selalu jaga kualitas dan mutu produk. Kepada seluruh pengunjung, saya minta untuk terus mencintai produk lokal demi kelangsungan UMKM. ‘Beli Produk Lokal, Memperkuat Ekonomi Nasional,” pesan Natsir. (Tribunjateng/Moch Saifudin)

Penulis: Moch Saifudin
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved