21 Turis Asing Wisata Edukasi Tradisi Tolak Bala dan Sembelih Hewan Kurban di Kabupaten Semarang

Total 21 turis asing dalam International Project Based Learning (IPBL) 2019 melakukan wisata edukasi di Desa Munding Bergas Kabupaten Semarang.

21 Turis Asing Wisata Edukasi Tradisi Tolak Bala dan Sembelih Hewan Kurban di Kabupaten Semarang
ISTIMEWA
Total 21 turis asing dalam International Project Based Learning (IPBL) 2019 melakukan wisata edukasi di Desa Wisata Munding Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Total 21 turis asing dari berbagai negara yang tergabung dengan International Project Based Learning (IPBL) 2019 melakukan wisata edukasi di Kabupaten Semarang.

Wisata edukasi ini terwujud atas kerja sama IPBL dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Desa Wisata Munding Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang.

Mereka mengadakan wisata edukasi tradisi dan budaya bertemakan Pembelajaran Berbasis Proyek Internasional 2019.

Disampaikan oleh Koordinator Acara Nukhan Dzu Khalimun, dilaksanakan selama dua hari sejak Sabtu (10/8/2019) hingga Minggu (11/8/2019).

Bagong Sapi Kurban Presiden Jokowi Mengamuk, Pantia di Masjid Agung Solo Kewalahan

VIRAL VIDEO Guru Ikat Siswa SMA Lalu Dipaksa Lakukan Tindakan Asusila & Direkam, Tersebar di Medsos

SPG di Bali Ini Mengaku Tak Puas di Ranjang, Sang Selingkuhan Marah Lalu Membunuhnya

Pengunjung Kawasan Kota Lama Semarang Mulai Ramai, Tempat Parkir Belum Memadai

"Dalam pelaksanaan kegiatan ini peserta tediri atas mahasiswa dari sejumlah universitas di Jawa Tengah, khususnya Semarang dan turis mancanegara dari Amerika Latin, Pakistan, Uzbekistan, Kerajaan Thai, Singapura, dan Malaysia," ungkap Nukhan.

Nukhan menambahkan, kegiatan ini diprakarsai oleh mahasiswa dari Universitas Diponegoro (Undip), Politeknik Negeri Semarang (Polines), dan Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Pihaknya mengungkapkan acara berlangsung selama dua hari di mana pada rangkaian acara tersebut para peserta akan diberikan pembelajaran wisata dan budaya Indonesia di Desa Wisata Munding.

Mereka akan terlibat dalam tradisi Tolak Balak yakni arak-arakan keliling kampung pada malam jelang Iduladha dan mengikuti prosesi penyembelihan hewan kurban, sekaligus berwisata kehidupan adat dan budaya di Desa Munding.

"Untuk acara sendiri terbagi menjadi dua sesi, yakni wisata tradisi dan budaya di mana tradisi desa, adat, dan kebudayaan. Ada pula wisata dan edukasi terkait perayaan Iduladha di Desa Munding," tuturnya.

Menurut Nukhan, bentang alam Desa Wisata Munding, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang sangat menakjubkan bila dilihat dari kejauhan.

Halaman
12
Penulis: amanda rizqyana
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved