3 Orang Absen saat Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Demak Periode 2019-2024

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Demak mengambil sumpah janji jabatan masa bakti 2019-2024.

3 Orang Absen saat Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Demak Periode 2019-2024
TRIBUN JATENG/MOCH SAIFUDIN
Pengucapan sumpah janji jabatan Anggota DPRD Kabupaten Demak periode 2019-2014 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Demak, Rabu (14/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Demak mengambil sumpah janji jabatan masa bakti 2019-2024.

Pengucapan sumpah anggota DPRD Kabupaten Demak dilaksanakan dan dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Demak, Agam Syarief Baharudin, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Demak.

"Pada pelantikan kali ini, hanya 47 anggota DPRD Kabupaten Demak yang mengikuti pelantikan. Tiga anggota lainnya tidak dapat hadir dikarenakan sedang menunaikan ibadah haji," jelas Plt Sekretaris DPRD Demak, Ahmad Nur Wahyudi, Rabu (14/8/2019).

Dari Mahfud MD Hingga Menteri Susi Hadiri HUT Ke-75 Tahun Gus Mus di Sam Poo Kong Semarang

Lanjutnya, anggota DPRD yang berhalangan hadir saat ini, akan dilantik ketika sudah pulang dari haji dan setelah pimpinan definitif terbentuk.

Ia menjelaskan, dalam pelantikan hari ini, Fahrudin Bisri Slamet dan Zayinul Fata ditetapkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua sementara pimpinan DPRD Demak.  

“Ini sesuai aturan yang berlaku. Yaitu mendasarkan pada UU Nomor 23 Tahun 2016 tentang pemerintahan daerah. Bahwa, sebelum ada pimpinan definitif, maka ditetapkan pimpinan sementara dengan formasi ketua dan wakil ketua. Pimpinan dan sekretaris sementara diatur dan dipilih dari perolehan suara partai terbanyak urutan satu dan dua. Dalam hal ini PDIP sebelas kursi dan PKB sembilan kursi," jelasnya.

Slamet menjelaskan, karena jumlah anggota DPRD ada 50 orang, maka formasinya secara definitif nanti, ketua dewan dilengkapi dengan tiga wakil ketua dewan.

“Selanjutnya, untuk penentuan jabatan ketua dan wakil ketua definitif nanti masih menunggu rekomendasi dari DPP partai masing masing.  Itu terserah partai. Nanti akan ada pelantikan pimpinan sendiri,” katanya.

Di Luar Gedung Pelantikan Anggota DPRD Kota Semarang, Aliansi Mahasiswa Semarang Gelar Aksi Damai

Sementara anggota DPRD Kabupaten Demak termuda dengan usia 26 tahun dari partai PDI Perjuangan, Hana Maharani mengatakan, akan mengajak kaum muda lebih mencintai Indonesia.

Anggota DPRD Dapil 4 Demak, Karangawen dan Mranggen, itu menjelaskan ideologi ekstrimis tengah masuk pada kalangan muda.

Oleh karenanya, Hana mengaku akan mengajak kalangan muda agar lebih mencintai NKRI.

"Saya baru pertama kalinya menjadi anggota dewan. Tentunya saya akan menyesuaikan apa yang menjadi tugas saya nanti, dan juga meminta pertimbangan dengan yang lebih berpengalaman. Selain itu saya akan mengajak karangtaruna-karangtaruna agar lebih mencintai NKRI," jelas anggota dewan dengan perolehan suara berjumlah 8.192 tersebut. (Tribunjateng/Moch Saifudin)

Penulis: Moch Saifudin
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved