Dosen Unika Kembangkan Desain Rumah Panggung Hidrolis

Dosen Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata kembangkan sebuah desain rumah panggung dengan menggunakan hidrolik

Dosen Unika Kembangkan Desain Rumah Panggung Hidrolis
Tribunjateng.com/Akbar Hari Mukti
Sosialisasi omah panggung hidrolis kepada lurah Kemijen di kampus Unika Soegijapranata, Senin (2/9/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dosen Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata kembangkan sebuah desain rumah panggung dengan menggunakan hidrolik.

Sistem rumah ini dipercaya dapat diaplikasikan di sebagian wilayah Kota Semarang, terutama yang hingga saat ini terkena rob.

Penelitian ini digawangi Etty Endang Listiati, IM. Tri Hesti Mulyani, dan Bernadette Tyas Susanti dari fakultas Arsitektur dan Desain Unika, serta Widija Suseno Widjaja dari fakultas Teknik Sipil Unika.
Desain rumah ini dinamai Ompalis, singkatan dari Omah Panggung Hidrolis.

Ditemui Tribun Jateng di sosialisasi Ompalis di kampus Unika, Senin (2/9/2019), Etty menuturkan bahwa pengembangan desain rumah panggung hidrolik ini dilakukan sejak 2016 lalu.

Riset dilakukan di kawasan Kemijen, Semarang, yang menurut Etty menjadi salah satu daerah di Semarang yang langganan rob. Di tahun itu, Etty mencatat tinggi rob di kawasan Kemijen mencapai 30 cm hingga 1 meter.

"Di tahun tersebut kami mendapati bahwa seringnya jalan di daerah tersebut ditinggikan membuat air tanah tak meresap secara optimal," katanya.

Padahal menurut Etty, biaya peninggian jalan lingkungan minimal mencapai Rp 5 juta, serta peninggian dilakukan dengan cara mengurug tanah dengan tanah urugan.

Dari riset yang sama, Etty mengungkapkan bahwa di daerah Kemijen, terjadi penurunan tanah setiap tahunnya berkisar 13,5 cm.

Penurunan tanah terjadi karena beberapa sebab, misalnya iklim global yang berubah, hingga banyaknya pengambilan air tanah.

"Hal itu membuat tanah jadi mengeras dan penyerapan air tak maksimal" katanya.

Halaman
123
Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved