Sering Dilanda Angin Kencang, Satpol PP Salatiga Imbau Warga Potong Dahan Pohon

Angin kencang yang hampir sering terjadi belakangan di Kota Salatiga sehingga rawan menyebabkan pohon tumbang masyarakat diminta melakukan pemotongan

Sering Dilanda Angin Kencang, Satpol PP Salatiga Imbau Warga Potong Dahan Pohon
TRIBUN JATENG/SAIFUL MA'SUM
Ilustrasi pohon tumbang 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Angin kencang yang hampir sering terjadi belakangan di Kota Salatiga sehingga rawan menyebabkan pohon tumbang masyarakat diminta melakukan pemotongan dahan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kota Salatiga Yayat Nurhayat mengatakan angin kencang dampak kemarau berkepanjangan menuju peralihan musim rawan membuat pohon tumbang.

"Karena itu kami mengimbau masyarakat agar bersedia memotong dahan pohon yang rindang pada lokasi dekat rumah masing-masing demi menghindari bahaya," terangnya kepada Tribunjateng.com, Selasa (15/10/2019)

Menurut Yayat angin kencang dengan kecepatan tidak menentu rawan sekali dahan pohon tumbang dan apabila menimpa orang melintas dikhawatirkan menimbulkan korban.

Desa Situs Purbakala di Tegal Ini Jadi Langganan Kekeringan Tiap Tahunnya

Wabup Dedy : Kemiskinan di Sragen Bikin Saya Terenyuh, Bukan Cuma Miskin Harta Tapi Mental

2 Pejabat Utama di Polres Sragen Diganti, Ini Pesan AKBP Yimmy Kurniawan

Panji Curi 3 HP Milik Karyawan Hotel di Purworejo, Ambil Saat Korban Tertidur di Aula Hotel

Dikatakannya, karena masih dalam musim kemarau masyarakat juga diharapkan tidak membakar sampah lalu ditinggal atau membuang puntung rokok sembarangan.

"Antisipasi angin kencang kami juga sudah berkoordinasi dengan lurah dan camat , intinya untuk yang memiliki pohon rindang di tanah milik pribadi untuk memotong dahan yang sekira berbahaya," katanya

Ia menambakan sedangkan pohon yang beradan wilayah publik akan di potong Dinas Lingkungan Hidup apabila rawan tumbang dan membahayakan dahan atau rantingnya.

Pihaknya juga mengingatkan masyarakat yang mengetahui pohon dengan ranting mengenai aliran listrik supaya tidak asal ditebang melainkan berkoordinasi ke PLN Kota Salatiga.

"Bagi pengguna jalan dan trotoar untuk lebih waspada pada kondisi perubahan cuaca terutama angin, untuk memperhatikan keselamatan pribadi maupun kendaraannya," ujarnya (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved