Sempat Sengat Dua Anak, Sarang Tawon Ndas di Kudus Dimusnahkan Petugas Pemadam Kebakaran

Sarang berdiameter sekitar 40 sentimeter itu berada di atap teras rumah warga RT 2 RW 1 Desa Pasuruan Lor, Kecamatan Jati, Kudus

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Sebuah sarang tawon jenis vespa affinis atau tawon ndas berhasil dimusnahkan oleh tim pemadam kebakaran dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kudus, Jumat (22/11/2019).

Sarang berdiameter sekitar 40 sentimeter itu berada di atap teras rumah warga RT 2 RW 1 Desa Pasuruan Lor, Kecamatan Jati, Kudus.

Ada enam personel tim pemadam kebakaran yang diterjunkan dalam proses pemusnahan kali ini.

Dua di antaranya bertugas memusnahkan sarang tawon dengan mengenakan pakaian pelindung. Sementara lainnya membantu dari bawah.

Dua petugas itu naik ke atap sekitar pukul 11.30 WIB. Dengan alat berupa parang dan racun serangga, ribuan tawon yang menghuni sarangnya dibasmi.

Kontan, saat racun itu disemprotkan, ribuan tawon langsung beterbangan. Ada pula yang tumbang. Saat itu juga, petugas langsung memusnahkan sarangnya. Sekitar pukul 11.45 WIB, sarang benar-benar lenyap dari atap rumah milik Noor Yanto.

"Sudah lama, waktu mengecat atap tidak tahu kalau ada tawonnya. Sejak satu dua minggu kemarin ada anak-anak melempar batu dan kena (sarang) terjadi kerusakan pada sarang tawon. Akhirnya anak-anak itu pada bersuara kalau ini ada tawon sehingga saya tahu," kata Noor Yanto.

Dia menduga, tawon yang bersarang di rumahnya sudah tahunan.

Terkahir sebelum dimusnahkan, diameternya sekitar 40 sentimeter. Keberadaan tawon sempat menyerang dua anak tetangganya. Akibat sengatan, dua anak itu sampai benjol kepalanya.

"Sempat menyerang warga, ada anak kecil, dua anak diserang di kepala. Sehingga saya konfirmasi sama tim pemadam," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved