Ekspor Furniture Kayu Jepara Naik 7,3 Persen

Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jepara, kinerja ekspor furnitur dari kayu pada tahun lalu mencapai lebih

Ekspor Furniture Kayu Jepara Naik 7,3 Persen
IST
Sarasehan pelaku ekspor di Pendopo Kabupaten Jepara, Rabu (27/11/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jepara, kinerja ekspor furnitur dari kayu pada tahun lalu mencapai lebih dari 179 dolar AS atau naik 7,3 persen, dibanding tahun sebelumnya sebesar 166,8 juta dolar AS.

Komoditas yang digeluti 386 eksportir tersebut, pada semester pertama tahun ini telah mencapai 98,7 juta dolar AS.

Menurut Kepala Disperindag Jepara, Ratib Zaini, secara kumulatif pada periode Januari hingga Juni tahun ini, nilai ekspor telah mencapai 187,8 juta dolar AS, atau meningkat 10,65 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Demikian disampaikannya di Pendopo Kartini Jepara, dalam sarasehan yang dihadiri 80 pelaku ekspor di Kabupaten Jepara, Rabu (27/11/2019).

"Nilai ekspor Kabupaten Jepara dari 2015 sampai 2019 semester satu alhamdulillah dari tahun ke tahun mengalami peningkatan," ujar Ratib.

Sambut HDI, Pemkab Karanganyar Berikan Bantuan Kepada Penyandang Disabilitas

Indeks Risiko Bencana Tinggi, Bupati Pati Imbau Masyarakat Pahami Mitigasi Bencana

Kecelakaan Truk Pengangkut Bata Merah Patah As dan Terguling di Karangreja Purbalingga

Buka Cabang Baru di Semarang, PT Jerindo Sari Utama Bidik Industri Makanan dan Minuman di Jateng

Kenaikan yang sama juga terjadi atas ekspor produk garmen dan sepatu, yang mencapai 150,3 juta dolar AS atau naik 86,4 persen, dari 80,6 juta dolar AS.

Selanjutnya disusul komoditas kayu olahan yang ikut tumbuh pada tahun lalu, yakni naik sebesar 45,5 persen dari 5,5 juta dolar AS menjadi 8 juta dolar AS.

Dibuka Asisten II Sekda Jepara Mulyaji, sarasehan siang itu turut menghadirkan beberapa narasumber berkompeten, baik dari KLHK-RI maupun dari Kantor Bea Cukai Kudus.

Di samping menyampaikan materi teknis mereka juga melakukan jajak pendapat, hal ini guna menemukan solusi atas hambatan yang dirasakan eksportir di Jepara.

"Melalui kegiatan ini harapannya untuk peningkatan ekspor di Kabupaten Jepara akan semakin mengalami peningkatan," kata Ratib.

Halaman
12
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved