UKSW Kini Berusia 63 Tahun, Begini Cara Rektor Neil Semuel Rupidara Memaknainya

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga genap memasuki usianya ke 63 tahun pada Sabtu (30/11/2019).

UKSW Kini Berusia 63 Tahun, Begini Cara Rektor Neil Semuel Rupidara Memaknainya
ISTIMEWA
Rektor UKSW Salatiga Neil Semuel Rupidara menyalami pembina yayasan seusai Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-63 UKSW di Balairung UKSW Salatiga, Sabtu (30/11/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga genap memasuki usianya ke 63 tahun pada Sabtu (30/11/2019).

Dalam Rapat Senat Terbuka, Rektor UKSW Salatiga Neil Semuel Rupidara menyebutkan, menapaki dies natalis kampus bertema ‘Percaya Kepada-Nya, Tuhan Pimpin Perjalanan Kita’, ke depannya yang mendasari gerak kerja universitas adalah adanya peningkatan penelitian.

Menurut Neil, hal tersebut didasari pandangan bahwa riset sebagai proses produksi pengetahuan merupakan fungsi utama sebuah universitas.

Riset kata dia, tidak menyingkirkan fungsi pengajaran, riset merupakan aktivitas yang mendasari, menguatkan dan mendinamisasi kegiatan pengajaran.

“Kami harus memandang bahwa riset ditempatkan sentral dalam fungsi pendidikan tinggi ke depan."

"Karena itu pimpinan UKSW mengatakan make way for research,” terangnya dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Minggu (1/12/2019).

Dikatakannya, selain riset UKSW juga sedang melakukan perancangan ulang kurikulum khususnya bagi mahasiswa strata 1 (S1).

Perancangan ulang tersebut dilakukan selain untuk mengurangi beban mengajar dosen juga upaya mengembalikan orientasi pada pendidikan pribadi yang holistik.

Ia menambahkan, rencana itu tidak lain dilakukan sebagai upaya rekontekstualisasi cara beruniversitas.

Sebagai sebuah universitas, UKSW memiliki peran sebagai penyerap, peramu serta penghasil pengetahuan. 

Halaman
123
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved