Breaking News:

Ngopi Pagi

FOKUS : Ada Berkah dari Wabah

"Jebule mbah-mbahe dewe ki visioner ya. Wis mikirke kawit biyen nek jaman saiki bakal ono wabah sing iso diatasi karo jamu.

Editor: Catur waskito Edy
tribunjateng/bram
ARIEF NOVIANTO Wartawan Tribun Jateng 

Oleh Arief Novianto

Wartawan Tribun Jateng

"Jebule mbah-mbahe dewe ki visioner ya. Wis mikirke kawit biyen nek jaman saiki bakal ono wabah sing iso diatasi karo jamu.

Lha kuwi nyatane, saiki jamu malah laris dienggo penangkal virus corona (Ternyata orangtua-orangtua kita itu visioner ya.

Sudah memikirkan dari dulu kalau zaman sekarang bakal ada wabah yang bisa ditangkal dengan jamu. Itu kenyataannya, sekarang jamu justru laris dipakai untuk penangkal virus corona-Red)," kata satu tetangga saya dalam diskusi ngalor-ngidul di pos ronda kampung, kemarin malam.

Yah, virus corona, atau covid-19 kini tengah menjadi perbincangan masyarakat. Bahkan, wabah dari Wuhan, China itu kini sudah mulai memasuki Indonesia, setelah sebelumnya banyak pihak mempertanyakan sulitnya virus itu menyebar di negeri ini.

Hingga sore kemarin, pemerintah memastikan jumlah pasien positif terjangkit virus corona di Indonesia menjadi empat orang, dengan pasien suspect sebanyak 13 orang.

"Ini kami dapatkan dua orang positif, yang kami sebut sebagai kasus nomor 3 dan 4," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona Achmad Yurianto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (6/3).

Menurut dia, dua pasien yang baru diidentifikasi terjangkit virus corona itu memiliki gejala batuk dan pilek. Tetapi, tidak ada gejala sesak napas. Keduanya terdeteksi pernah melakukan close contact dengan pasien 1 dan 2 yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Seperti diketahui, kasus penyebaran covid-19 terus menjadi ketakutan tersendiri bagi masyarakat, mengingat berdasarkan data WHO, wabah itu hingga Kamis (5/3) telah menjangkiti 95.481 orang di lebih dari 80 negara, dengan angka kematian sebanyak 3.286 orang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved