Berita Viral

Stupa Dawangsari di Prambanan Bakal Lebih Besar dari Stupa Induk Candi Borobudur, Diameter 11 Meter

Stupa Dawangsari ini diperkirakan berdiri di atas batur berukuran 17x17 meter, tingginya 90 cm. Batur teras kedua berukuran 16x16 meter, tinggi 41 cm

Tribun Jogja/Setya Krisna Sumargo
Petugas menunjukkan susun percobaan batur teras pertama hingga tiga Stupa Dawangsari yang memakai lahan timur Candi Barong. 

TRIBUNJATENG.COM, YOGYA – Stupa Dawangsari, bangunan kuno Budhist di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, DIY, diduga memiliki ukuran lebih besar dari stupa induk Candi Borobudur.

Hasil susun percobaan di kegiatan prapemugaran, seperti dilihat Tribunjogja.com langsung di lapangan, Jumat (24/4/2020), menunjukkan diameter Stupa Dawangsari ini 11 meter.

Tinggi diperkirakan sekitar 15 meter. Yasti, atau bagian puncak stupa, dari hasil susun percobaan tingginya saja sekitar 5 meter.

Sisanya sekitar 10 meter merupakan tubuh atau bagian genta stupa dan hermika, atau alas yasti. Hermika ini diduga berbentuk persegi berukuran 3x3 meter.

Makan Gorengan saat Berbuka Bisa Kok, Ini 5 Triknya Agar Tetap Sehat, Perhatikan Waktu Konsumsi

Zuraida Hanum Sebut Wanita Ini Jadi Penyebab Ia Membunuh Hakim Jamaluddin Suaminya: Kau Alasannya

2 Hari Setelah Kabur, Pasien Positif Corona Ini Meninggal, Bertemu Ratusan Orang, 1 Desa Diisolasi

Bayinya Masih Pakai Pampers dan Pakaian saat Dimakamkan, La Nguna: Itu Terus Membayangi Saya

Bandingkan dengan ukuran stupa induk Candi Borobudur yang berdiameter 9,90 meter, dan tingginya 7 meter.

Data diameter Stupa Dawangsari merupakan hasil ekskavasi dan kajian penelitian secara berangkai oleh Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) DIY.

Data diameter berikut ukuran batur tiga teras yang menopang stupa, hingga Jumat (24/4/2020), terbilang data lama yang terpampang di papan informasi Situs Dawangsari.

Keterangan baru diperoleh dari Sarjono (47), pegawai BPCB DIY yang juga spesialis pencari batu dan steler candi. Saat ini ia bertugas melakukan prapemugaran Stupa Dawangsari.

Sarjono mengaku terlibat rekonstruksi yasti, mengubah susunan semula, dan menghasilkan bentuk baru yasti yang memiliki ketinggian lebih kurang 5 meter.

Yasti itu kini disusun jadi tiga bagian, dan ada di lokasi situs. “Ini hasil susun ulang, dan saya yakin seperti inilah bentuk dan tingginya,” kata Sarjono.

Halaman
1234
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved