Breaking News:

Ngopi Pagi

FOKUS : Ramadan Rasa Virtual

GRUP WhatssApp keluarga besar saya, kemarin, agak riuh. Pasalnya, salah seorang anggota grup menanyakan bagaimana rencana kegiatan halalbihalal,

Editor: Catur waskito Edy
tribunjateng/bram
Moh Anhar wartawan Tribun Jateng ok 

Oleh Moh Anhar

Wartawan Tribun Jateng

GRUP WhatssApp keluarga besar saya, kemarin, agak riuh. Pasalnya, salah seorang anggota grup menanyakan bagaimana rencana kegiatan halalbihalal, yang selama beberapa tahun terakhir rutin diselengarakan.

Riuh bukan karena puasa baru menginjak hari keempat, tapi sudah ngomongin Hari Raya Idulfitri, yang tentu masih butuh waktu 'lebih panjang' untuk menanti.

Halalbihalal memang melekat pada tradisi masyarakat Indonesia pada Hari Raya Idulfitri. Pada momen ini, keluarga yang tinggal di sejumlah kota berbeda, bahkan pulau, bertemu dalam satu waktu dan satu tempat.

Di sinilah, kesempatan untuk saling mengenalkan anggota keluarga besar pada anak-anak, yang tentu asing bagi mereka karena memang tidak pernah bertemu saban hari.

Dan, tahun-tahun lalu, kami mengadakannya secara bergilir di kota-kota berbeda. Tujuannya untuk menyambung tali silaturahim para dzuriyat atau keturunan anak-cucu yang sudah pada tingkat generasi 4-5.

Tapi, karena pandemi virus corona yang menjadikan semua tak bisa leluasa bepergian, pertanyaan itu jadi digulirkan.
Satu anggota lain mengusulkan agar halalbihalal dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi teleconference.

Teleconference melalui aplikasi Android tengah menjadi tren. Berkomunikasi lewat video secara beramai-ramai ini bukan latah, tapi sudah menjadi kebutuhan. Lewat media ini, kita semua bisa bertemu dalam video secara langsung.

Wah, apa tumon? Baru kali ini khan, segala pertemuan massal harus dilakukan melalui video. Wabah virus corona yang masih menghantui menjadi penyebab kerumunan massa harus dihindari, termasuk halalbihalal.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved