Berita Semarang

Unika Soegijapranata Launching Buku 88 Manifestasi Civitas Akademika di Masa Pandemi

Unika Soegijapranata melaunching buku berjudul 88 Manifestasi Civitas Akademika di Tengah Pandemi, Senin (29/6/2020) kemarin.

IST
Launching Buku Berjudul 88 Manifestasi Civitas Akademika di Masa Pandemi Covid-19 yang diterbitkan oleh Unika Soegijapranata, Senin (29/6/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Unika Soegijapranata melaunching buku berjudul 88 Manifestasi Civitas Akademika di Tengah Pandemi, Senin (29/6/2020) kemarin.

Dalam launching tersebut, Rektor Unika Soegijapranata Prof Ridwan Sanjaya menyampaikan buku tersebut merupakan rekam jejak aktivitas civitas akademika selama masa pandemi covid-19 di media cetak maupun online.

"Publikasi di media itu tidak selalu hanya dengan yang tertulis, tetapi bisa juga berupa audio atau visual," ucapnya.

Kunjungi Komjen Pol (Purn) Noer Ali, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi Diguyur Petuah

Klarifikasi Baim Wong Saat Disebut Berseteru dengan Nikita Mirzani Soal Karyawan

Daftar Harga HP Xiaomi Terbaru 30 Juni 2020, Ada yang Turun Harga

Mahasiswa dan Dosen Uniba Solo Gelar Demo, Rektor Lepas Baju dan Nyatakan Mundur

Menurutnya, hal tersebut menjadi satu di antara yang mendasari munculnya inovasi atau terobosan, yakni dengan memunculkan buku yang gadget friendly.

Selain itu juga mudah dibaca oleh banyak orang, serta sekaligus tidak perlu melakukan intervensi untuk bisa membaca lebih jelas.

"Karena bisa dengan mudah hurufnya dibesarkan dan dikecilkan tanpa campur tangan manusia, begitu dengan keberadaan video yang bisa masuk ke dalam buku," ungkapnya.

Menurutnya, bagi penerbitan Unika Soegijapranata dengan buku model video bisa masuk di dalamnya merupakan buku yang pertama dan mungkin tidak banyak dari penerbitan lainnya di luar Unika.

"Dan buku ini melengkapi kerjasama antara penerbitan dengan humas Unika Soegijapranata," tuturnya.

Mengenai angka 88 dalam judul buku, Prof Ridwan menambahkan, merupakan pengelompokkan tulisan di media massa yang dilakukan humas dan webmaster Unika di masa pandemi covid-19 ini, berhasil dijadikan satu sehingga berjumlah 88.

"Angka 88 ini sebenarnya juga punya arti spesial, karena angka 88 ini bisa berarti tanpa batas dari civitas akademika berbuat yang terbaik bagi masyarakat," ucapbya.

Selain itu arti lainnya, semua tulisan-tulisan atau liputan-liputan dalam buku ini menunjukkan fokus pada semua bidang baik akademik maupun bidang sosial.

"Sedang makna feng shui angka 8 merupakan angka keberuntungan dan kemakmuran, artinya semoga dengan berbagi dan fokus-fokus teman-teman civitas akademika itu memberikan dampak kemakmuran dan kelimpahan bagi kita semua," harapnya.

Editor buku, Ignatius Eko Budhi Setiyono menjelaskan, buku yang dilaunching merupakan buku yang ke-15 selama masa pandemi covid-19.

"Dalam kurun waktu tiga bulan di masa pandemi covid-19, Unika sudah melaunching 15 buku. Dan buku ini adalah buku pertama yang bisa menampilkan video," jelasnya.

Buku berjudul 88 Manifestasi Civitas Akademika di Tengah Pandemi ini bisa didapat secara gratis di Google Playbooks yang tampilan akan berubah jika ganti gadget atau perangkat. (kan)

Pemindahan 39 Tahanan Polres Kebumen Dikawal Ketat Polisi Bersenjata

RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang Lebih Banyak Rawat Pasien Corona dengan Komorbid, Apa Itu?

Gotri Wijayanto Optimis Tinggal Menghitung Hari Temanggung Bebas Corona

MAKI : Masih Ada 3 Orang Diduga Terlibat Suap Mantan Bupati Jepara Tak Tersentuh Hukum

Penulis: Muhammad Sholekan
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved