Breaking News:

Berita Perbankan

Kabar Terbaru Soal Pembiayaan Multiguna Hingga Saat Ini

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pembiayaan multiguna di sektor multifinance per Mei 2020 mencapai Rp 27,209 miliar.

KONTAN/Cheppy A Muchlis
ILUSTRASI 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pembiayaan multiguna di sektor multifinance per Mei 2020 mencapai Rp 27,209 miliar. Angka itu naik dibandingkan dengan periode sama tahun lalu sebesar Rp 25,932 miliar.

Menanggapi hal itu, Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), Suwandi Wiratno mengatakan, kinerja multiguna belum dinilai baik, sebab pembiayaan kendaraan baru masih dalam tekanan.

Memang jika dibandingkan dengan tahun lalu angka itu cukup fantastis, hanya saja, menurut dia, tahun lalu belum ada pembiayaan dana tunai, karena baru direalisasikan pada saat kebijakan POJK-35 dikeluarkan.

“Pembiayaan multiguna itu campuran, pastinya lebih banyak kepada pembiayaan dana, pembiayaan mobil dan motor baru.

Nah, kondisi saat ini pembiayaan kendaraan baru masih tertekan, karena pada April dan Mei sebanyak 80 persen perusahaan leasing tidak melakukan pembiayaan mobil baru.

Kalau pun dijalankan, mungkin perusahaan leasing memberikan pembiayaan kepada nasabah yang pembayarannya berjalan baik,” katanya, kepada Kontan, Senin, (20/7).

Suwandi menuturkan, kinerja pembiayaan multiguna dinilai stabil jika pembiayaan kendaraan baru kembali lancar. Sehingga ke depan, ia belum dapat memprediksi kinerja multiguna. Ia berujar, Asosiasi perlu melihat kebijakan new normal pada 2-3 bulan ke depan.

“Terkait proyeksi ke depan, tentu akan sulit diprediksi, karena dengan kasus covid ini seluruh daya beli menurun, sehingga saya tekankan kinerja multiguna tergantung dari daya beli masyarakat terhadap kendaraan, juga perlu melihat efek new normal,” paparnya. (Kontan/Annisa Fadila)

Bank-bank Besar Mulai Gencarkan Ekspansi Kredit Memasuk Semester II

Hotline Semarang : Pembebasan Bea Balik Nama dan Sanksi Administrasi Sudah Usai

FOKUS : Belajar Menahan Rindu

Sudah Dandan Rapi Mau Foto Prewedding, Rio Malah Dikeroyok hingga Tewas

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved