Breaking News:

Berita Solo

Menpan RB Tjahjo Kumolo Resmikan Mall Pelayanan Publik di Solo

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Jenderal Sudi

TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Menpan RB, Tjahjo Kumolo saat meresmikan sekaligus meninjau Mall Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Jenderal Sudirman Solo, Jumat (28/8/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Jenderal Sudirman Solo, Jumat (28/8/2020).

Pusat layanan itu diketahui merupakan lokasi ke -26 di seluruh Indonesia yang telah diresmikan oleh Tjahjo Kumolo.

Sedangkan di wilayah Jateng, MPP ini merupakan yang keempat.

Dengan Logo Mirip PAN, Ini Nama Partai Baru Amien Rais

Hutang Rp 60 Juta Dibayar Pakai 4 Nyawa Keluarga di Baki Sukoharjo

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, 1 Warga Temanggung Tewas Kecelakaan Tertimbun Pasir di Yogyakarta

Kawah Oro-oro Kesongo di Blora Meletus Tiga Kali Hari Ini, 4 Gembala Kerbau Masuk RS

Selain Banyumas, Batang dan Kebumen. Meski pun baru diresmikan hari ini, MPP Solo telah beroperasi pada 17 Agustus 2020. Di dalam gedung lantai lima itu, terdapat 377 jenis layanan bagi publik baik berupa perizinan, pembuatan dokumen hingga perpajakan.

Terdapat 21 instansi yang bergabung baik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun instansi vertikal yang ada di Kota Surakarta.

MPP memadukan pelayanan dari pemerintah pusat, provinsi, daerah dan lintas instansi.

Tjahjo Kumolo menyampaikan, melalui pusat layanan publik ini diharapkan mampu melayani seluruh kebutuhan masyarakat terkiat pengurusan dokumen, surat penting dan kebutuhan administrasi lainnya.

"MPP semata mata bantu urusan masyarakat biar cepat selesai. MPP di Solo harus konsisten melayani masyarakat dengan senantiasa memelihara sarana dan prasarana sebagai salah satu pendukung utama bisa terselenggaranya pelayan publik yang cepat dan tepat," katanya, Jumat (28/8/2020).

Lebih lanjut, pusat layanan ini harus menekankan kualitas layanan dan profesionalisme. Dengan mengedepankan semangat melayani, gotong royong dan berpedoman menerapkan protokol kesehatan.

Dia berharap kedepan, dapat dikembangkan penyederhanaan layanan izin, pengaturan standard pelayanan serta peningkatan dukungan kualitas teknologi informasi.

Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo menambahkan, inovasi pelayanan masyarakat terus gencar dilakukan dengan inovasi dari para kepala dinas. Di antaranya Solo Satu Data, Adejamin sehat untuk bantuan warga yang meninggal, Sultan Nikah Capingan atau konsuktasi pra nikah calon pinanganten dan lainnya.

Menurutnya pusat layanan ini merupakan wujud komitmen Pemkot Solo terus melayani masyarakat walaupun di masa pandemi Covid-19.

"Pelayanan administrasi di satu atap ini semakin memudah masyarakat untuk mengurus administrasi hanya di satu tempat saja," ungkapnya. (Ais).

Bioskop di Banyumas Belum Diijinkan Buka, Bupati: Fokus Simulasi Pembelajaran Tatap Muka Dulu

Perajin IKM Logam Kota Tegal Dipertemukan dengan Industri Besar, Heru: Untuk Lahirkan Rantai Pasokan

Rangkaian Hari Jadi ke-72, Polwan Polda Jateng Tabur Bunga di TMP Giri Tunggal

Kisah Ketua Panpel PSIS Pernah Positif Covid-19, Sebut Tingkat Kesembuhan Sangat Tinggi

Penulis: Agus Iswadi
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved