Breaking News:

Vino Desak Pemerintah Buka Praktik SMK Secara Tatap Muka, Ini Alasannya

Para pelajar SMK mendesak agar praktik segera dibuka, karena tak bisa maksimal jika praktik diberikan secara daring.

TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Seorang pengajar berjalan di halaman SMKN 7 Semarang menuju ruang guru, beberapa waktu lalu. 

SEMARANG, TRIBUN - Beberapa waktu lalu, Kemendikbud, Kemenag, Kemenkes, dan Kemendagri, melakukan revisi Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri, terkait pembelajaran di tengah pandemi Covid-19.

Keputusan bersama itu berisi panduan penyelenggara pembelajaran tahun akademik 2020/2021 di tengah pandemi.

Dalam revisi SKB poin XI, pembelajaran praktik bagi peserta didik SMK/MAK pada zona oranye dan merah sedapat mungkin dilaksanakan dengan pembelajaran jarak jauh.

Namun apabila diperlukan, pembelajaran praktik di laboratorium, studio, bengkel, dan tempat pembelajaran praktik lainnya, diperbolehkan dengan wajib menerapkan protokol kesehatan.

Hal tersebut direspon sejumlah sekolah SMK di Kota Semarang. Pasalnya praktik menjadi materi wajib untuk siswa SMK.

Beberapa satuan pendidikan juga tengah mengajukan izin ke Disdikbud Provinsi Jateng, sementara lainya sudah terlebih dahulu melaksanakan praktik.

Sedangkan para pelajar SMK mendesak agar praktik segera dibuka, karena para pelajar tak bisa menyerap ilmu secara maksimal jika praktik diberikan secara daring.

Diterangkan Vino Prasetyo, siswa Kelas XI di SMKN 4 Semarang, jurusan listrik, materi praktik yang diberikan lewat daring, membuatnya tak bisa menyerap ilmu secara maksimal.

"Biasanya dilakukan secara tatap muka, di mana ada bahan praktiknya lengkap dengan peralatan pendukung, dan langsung mengerjakan, dan saya juga merasa lebih paham," paparnya, Kamis (3/9).

Karena materi hanya berupa audio visual, dan tak jarang materi diberikan dalam bentuk artikel, Vino mengaku hanya bisa membayangkan sejumlah peralatan listrik yang biasanya ia pengang.

Halaman
12
Penulis: budi susanto
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved