Prakiraan Cuaca

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Besok, Ada Bibit Siklon Tropis 91 W

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem selama dua hari

Editor: galih permadi
desta leila k
Ilustrasi cuaca di Kabupaten Tegal. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem selama dua hari mulai Jumat (9/10/2020) hingga Sabtu (10/10/2020) besok.

Peringatan dini ini dikeluarkan setelah BMKG mendeteksi adanya bibit siklon tropis 91 W di wilayah Teluk Thailand bagian timur.

Bibit siklon tropis 91 W tersebut bisa memicu hujan dengan intensitas tinggi sehingga warga di sejumlah wilayah di Indonesia diimbau untuk waspada.

Saat Sekarat Ayu yang Jenazahnya Ditemukan Termutilasi Masih Kenali Pembunuhnya: Abang Kok Tega

Selamat Jalan Coach! Dragan Djukanovic Tinggalkan PSIS Pilih ke Eropa

Ayah Tak Mau Mobil Rusak Didobrak, Bayi yang Terjebak Akhirnya Meninggal Kepanasan

Jokowi Sebut Pendemo Termakan Hoaks, Bantah Isu UMP Dihapus dan Upah Dibayar Per Jam

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto dalam keterangan tertulisnya mengatakan Siklon tropis 91W ini terpantau di Teluk Thailand bagian timur yang membentuk pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka.

Selain itu, juga terpantau bibit siklon tropis 92W di Filipina bagian utara yang membantuk konvergensi memanjang dari Kalimantan Tengah dan Laut Sulu.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar bibit siklon 91W dan 92W, serta di sepanjang daerah konvergensi tersebut seiring dengan arah gerak kedua bibit siklon tropis ke arah barat," jelas Guswanto.

Ia juga menambahkan, sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Bengkulu yang membentuk daerah-daerah konvergensi yang memanjang dari Laut Jawa bagian barat hingga perairan barat Bengkulu.

Sirkulasi siklonik lainnya ternyata juga ditemukan BMKG di perairan utara Papua.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan disepanjang daerah konvergensi tersebut," ujarnya.

Berdasarkan analisis beberapa fenomena atmosfer yang disebutkan, BMKG memprediksikan hari ini dan besok, hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah berikut ini.

Wilayah berpotensi cuaca buruk, Jumat (9/10/2020)

Aceh

Sumatera Utara

Sumatera Barat

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved