Habib Jafar Alkaff Meninggal

Cerita Hartopo Pada Sosok Habib Jafar, Kemampuan Mengingat Orang yang Hanya Sekali Bertemu

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus, HM Hartopo merasa kehilangan meninggalnya tokoh Islam kharismatik Habib Jafar Alkaff.

Penulis: raka f pujangga | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Raka F
Lukisan ukir sosok KH Abdurrahman Wahid atau (Gus Dur) dan Habib Ja'far bin Muhammad Al-Kaff, karya Heru Suprayitno, warga Medini, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS -  Habib Jafar Alkaff rencananya akan dimakamkan di Kabupaten Kudus, pada hari Sabtu (2/1/2020) ini.

Berdasarkan informasi, jenazah Habib Jafar ‎terbang dari Samarinda-Semarang menggunakan pesawat charter flight Lion Air JT 3625 yang tiba di Semarang sekitar 10.40.

Kemudian jenazah dibawa melalui jalur darat dari Bandara Ahmad Yani Semarang menuju Kabupaten Kudus.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyambut kedatangan jenazah Habib Ja'far Alkaff saat tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang, Sabtu (2/1/2020).
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyambut kedatangan jenazah Habib Ja'far Alkaff saat tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang, Sabtu (2/1/2020). (Istimewa)

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus, HM Hartopo merasa kehilangan meninggalnya tokoh Islam kharismatik tersebut.

"Bagi saya, beliau itu bisa dikatakan guru spiritual yang kharismatik dan memahami segala sesuatu permasalahan," ujar dia.

Hartopo mengenang Habib Jafar merupakan sosok ulama yang santun dan humoris.‎ Bahkan waliyullah tersebut dikenal merupakan orang yang punya komitmen.

Habib Jafar Alkaff. (foto twitter)
Habib Jafar Alkaff. (foto twitter) (Istimewa)

"‎Saya mengenang sosok habib Jafar itu orangnya santun dan humoris," ujarnya.

Kelebihan lainnya dari Habib Jafar adalah kemampuan mengingat orang yang belum pernah dikenalnya.

Walaupun hanya satu kali‎ berkenalan, Habib Jafar mampu mengingat namanya walau sudah bertahun-tahun tidak pernah bertemu.

"‎‎Dia itu sekali kenal, ingat terus sama saya. Kalau di Semarang atau Kudus juga suka ketemu walaupun kesibukannya harus berkeliling terus," jelasnya.

‎Satu hal lainnya yang berkesan saat mengenangnya adalah sosoknya yang sangat dekat dengan murid-muridnya.

Saat bertemu, Hartopo juga selalu disuguhkan ‎dengan jus buah-buahan.

"‎‎Habib Jafar itu mudah bergaul dan kalau mengajak makan bersama, pasti minumnya jus buah karena memang sukanya minum suka jus," jelas dia.

Paku Bumi Indonesia

Wafatnya ulama kharismatik Habib Ja'far al Kaff membuat umat Islam merasa kehilangan. Termasuk para kader muda Nahdlatul Ulama (NU) yakni Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang selama ini sering bersinggungan dengan Habib Ja'far al Kaff.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved