Breaking News:

Berita Bisnis

Geser Jack Ma, Pendiri Startup Pinduoduo Jadi Orang Terkaya Kedua di China

Posisi pendiri Alibaba Group, Jack Ma sebagai orang terkaya kedua di China kini digantikan oleh Colin Huang, pemuda pendiri startup e-commerce Pinduod

Editor: m nur huda
Bloomberg
Colin Huang, CEO dan pendiri e-commerce Pinduoduo 

TRIBUNJATENG,COM - Kekayaan pendiri Alibaba Group, Jack Ma, belakangan menyusut.

Posisinya sebagai orang terkaya kedua di China kini digantikan oleh Colin Huang, pemuda pendiri startup e-commerce Pinduoduo.

Menurut indeks kekayaan Bloomberg, kekayaan Huang tercatat 62,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 889 triliun (kurs rupiah Rp 14.200), menduduki posisi ke-16 orang terkaya di dunia.

Jumlah kekayaan Huang ikut menyalip pendiri Tencent Holdings, Pony Ma, orang terkaya ketiga di China dan ke-22 di dunia dengan total harta senilai 56,4 miliar.

Baca juga: Felix Siauw Umumkan Serial Animasi Nussa Pamit, Disebut Terdampak Pandemi Covid-19

Baca juga: Viral Bocah Perempuan Berjaket Ojol Ambil Orderan Sang Ayah, Ada Kisah Sedih di Baliknya

Baca juga: Heboh Jenazah Pasien Covid-19 Tertukar, DF: Pas Dibuka, Ternyata Jenazah Cowok

Baca juga: Tentara Israel Tembak Pria Palestina Gara-gara Akan Sita Generator Listrik

Sementara itu, Jack Ma berada di urutan ketiga di China dan ke-25 di dunia dengan total kekayaan 50,6 miliar dollar AS (sekitar Rp 801,6 triliun).

Seperti dihimpun KompasTekno, Senin (4/1/2021), menurut Bloomberg, kekayaan Ma menurun 589 juta dollar AS (sekitar Rp 8,3 triliun) setelah pemerintah China mulai menyusun regulasi anti monopoli bagi perusahaan teknologi raksasa seperti Alibaba dan Tencent.

Regulator di China juga mulai melakukan investigasi terkait dugaan praktik anti-monopoli yang dilakukan Alibaba Group Holding Ltd.

Bahkan, China dikabarkan membentuk satgas khusus secara terpisah untuk mengawasi anak perusahaan Alibaba Group, Ant Group.

Beberapa waktu lalu, Ant Group berencana melakukan IPO namun tertunda karena dinilai akan gagal memenuhi persyaratan pencatatan dan keterbukaan informasi.

Masalah ini membuat saham Alibaba jeblok di bursa New York.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved