Breaking News:

Berita Internasional

Gletser Himalaya Longsor Picu Banjir Bandang, 14 Orang Tewas dan 170 Lainnya Hilang

Sebanyak 14 orang dilaporkan tewas dan 170 orang masih menghilang setelah bongkahan gletser pegunungan Himalaya longsor dan memicu banjir bandang.

Editor: m nur huda
AP PHOTO
Personel Indo Tibetan Border Police (ITBP) melakukan pekerjaan penyelamatan di salah satu proyek pembangkit listrik tenaga air di desa Reni di distrik Chamoli, di negara bagian Uttrakhund, India, Senin (8/2/2021). Upaya penyelamatan dilanjutkan pada Senin untuk menyelamatkan 37 orang setelah sebagian dari gletser terputus, melepaskan semburan air dan puing-puing yang menghantam dua pembangkit listrik tenaga air pada Minggu (7/2/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, NEW DELHI – Sebanyak 14 orang dilaporkan tewas dan 170 orang masih menghilang setelah bongkahan gletser pegunungan Himalaya longsor dan memicu banjir bandang.

Bongkahan gletser besar tersebut jatuh di bendungan Sunagi Alaknanda dan memicu banjir bandang.

Bencana itu juga menyapu stasiun pembangkit listrik tenaga air ( PLTA) dan menghantam sejumlah wilayah di Distrik Chamoli, Uttarakhand, India, pada Minggu (7/2/2021).

Tim tanggap bencana nasional dan tim tanggap bencana negara bagian telah dikerahkan, begitu pula tim dari Indo-Tibetan Border Police (ITBP).

Ratusan Orang Hilang Setelah Gletser Himalaya Ambrol Terjang Bendungan Pembangkit Listrik

Angkatan Darat juga mengerahkan beberapa regu sedangkan Angkatan Laut India juga mengirim tujuh tim penyelam sebagaimana dilansir dari NDTV.

Sebanyak 170 orang yang terdiri atas 148 karyawan PLTA dan 22 orang di Rishiganga masih hilang.

Pemandangan Gunung Everest dan pegunungan Himalaya.
Pemandangan Gunung Everest dan pegunungan Himalaya. (Jewel Samad/AFP)

Sekitar 30 orang terperangkap di dalam terowongan sepanjang 2,5 kilometer dan tim penyelamat bekerja sepanjang malam untuk menyelamatkan mereka.

Upaya penyelamatan masih terus dilakukan terlepas dari sulitnya medan, dinginnya suhu, lumpur, dan puing-puing di dalam terowongan merupakan tantangan besar bagi tim penyelamat.

NDTV melaporkan, sebanyak 12 orang yang terjebak dalam terowongan yang sedang dibangun diselamatkan oleh tim ITBP.

Gunung es atau glester Himalaya longsor timpa bendungan di Uttarkhand, India, memicu banjir besar.
Gunung es atau glester Himalaya longsor timpa bendungan di Uttarkhand, India, memicu banjir besar. (Reuters)

Pada Senin (8/2/2021) pagi waktu setempat, Pasukan Tanggap Bencana Negara Bagian (SDRF) Uttarakhand membersihkan puing-puing dan lumpur di terowongan dekat bendungan Tapovan di Distrik Chamoli sebagai bagian dari upaya penyelamatan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved