Breaking News:

Imlek 2021

Pandemi Covid-19, Perayaan Imlek di Kelenteng Hok Ie Kiong Slawi Digelar Sederhana dan Terbatas

Jika tahun-tahun sebelum adanya pandemi Covid-19, Imlek merupakan momen yang ditunggu karena banyak perayaan atau kegiatan yang diselenggarakan

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Perayaan tahun baru Imlek 2021 yang jatuh pada tanggal 12 Februari di Kelenteng Hok Ie Kiong Slawi digelar secara sederhana dan terbatas. Hal ini karena masih dalam masa pandemi Covid-19. 

Jika tahun-tahun sebelum adanya pandemi Covid-19, Imlek merupakan momen yang ditunggu karena banyak perayaan atau kegiatan yang diselenggarakan. 

Seperti pertunjukan barongsai, tradisi gotong tepekong atau Toa Pe Kong, Cap Go Meh, dan lain-lain. 

Namun karena masih pandemi sehingga kegiatan atau acara yang biasa terlaksana, saat ini tidak dilakukan karena termasuk dalam upaya menerapkan protokol kesehatan utamanya menghindari kerumunan. 

"Perayaan Imlek tahun ini lebih sederhana karena masih pandemi. Semuanya kami batasi baik perayaan atau pun saat melakukan peribadatan (sembahyang), kami sesuaikan dengan prokes yang ada. Jumlah umat yang datang ke klenteng dibatasi hanya sekitar 50 orang saja," jelas Wakil Ketua Bagian Peribadatan Klenteng Hok Ie Kiong Slawi, Tjahyo Saputro Wiguno, Rabu (10/2/2021).

Tjahyo menyebut, tahun ini kegiatan arak-arakan ditiadakan. Intinya semua kegiatan yang bisa menimbulkan kerumunan ditiadakan.

Sehingga kegiatan yang berlangsung hanya peribadatan (sembahyang) di Klenteng itu pun jumlahnya dibatasi dan dibagi sesuai jadwal harinya.

Sementara itu, untuk kapasitas di Klenteng Hok Ie Kiong Slawi biasanya bisa memuat sampai 200 umat. 

Tapi untuk menjaga jarak antar umat saat sembahyang akhirnya dibatasi hanya 50-60 orang saja nanti sisanya bisa bergiliran. 

"Sembahyang imlek kan tidak serentak dilaksanakan dalam satu waktu, jadi bisa pagi, siang, sore, atau malam. Sehingga imbauan bagi umat bisa melaksanakan di Klenteng atau di rumah tidak masalah, terpenting harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Biasanya kalau pengurus sembahyang bersama pada malam harinya jam 00.00 WIB," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved