Breaking News:

Berita Semarang

Siapkan Lulusan Siap Jadi Wirausaha, SMKN 6 Semarang Jalin Kerjasama dengan Kadin

SMK Negeri 6 Semarang menjalin kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Semarang.

Tribun Jateng/M Zainal Arifin
Kepala SMKN 6 Semarang, Almiati (kiri), dan Ketua Kadin Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara (kanan), menandatangani nota kesepahaman di Aula SMKN 6 Semarang, Rabu (17/2/2021). Kerja sama tersebut sebagai bentuk link dan match antara sekolah vokasi dengan industri dan dunia kerja (Iduka). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Untuk menjembatani para lulusan menjadi wirausahawan mandiri dan tangguh, SMK Negeri 6 Semarang menjalin kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Semarang.

Kerjasama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman pendamp

Kepala SMKN 6 Semarang, Almiati (kiri), dan Ketua Kadin Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara (kanan), menandatangani nota kesepahaman di Aula SMKN 6 Semarang, Rabu (17/2/2021). Kerja sama tersebut sebagai bentuk link dan match antara sekolah vokasi dengan industri dan dunia kerja (Iduka).
Kepala SMKN 6 Semarang, Almiati (kiri), dan Ketua Kadin Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara (kanan), menandatangani nota kesepahaman di Aula SMKN 6 Semarang, Rabu (17/2/2021). Kerja sama tersebut sebagai bentuk link dan match antara sekolah vokasi dengan industri dan dunia kerja (Iduka). (Tribun Jateng/M Zainal Arifin)

ing sekolah pencetak wirausaha di Aula SMK Negeri 6 Semarang, Rabu (17/2/2021).

Kepala SMK Negeri 6 Semarang, Almiati mengatakan, sesuai visi sekolah yaitu mencetak wirausaha yang tangguh, yang perlu disiapkan di antaranya yaitu menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang siap kerja.

Terlebih, SMK Negeri 6 Semarang telah terpilih dan mendapat bantuan sebagai pusat keunggulan atau center of excellence (COE) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Diksi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Jadi untuk menuju ke sana, kami tidak hanya menyiapkan ruang praktik, peralatan dan hard skill bagi siswa. Tapi juga soft skill berupa karakter, budaya etika," katanya, usai penandatanganan nota kesepahaman.

Kerjasama dengan Kadin, katanya, juga merupakan bentuk link dan match antara pendidikan vokasi dengan industri, dunia usaha dan dunia kerja (Iduka) sebagaimana yang dicanangkan Dirjen Diksi. Dengan begitu, diharapkan kompetensi lulusan nantinya sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja di Iduka.

Terkait kerjasama dengan Kadin, Almiati memaparkan, dalam proses pembelajaran nantinya akan ada pendampingan langsung oleh para praktisi dari Kadin. Sehingga para siswa akan mendapatkan langsung gambaran budaya kerja dan berwirausaha yang baik dan benar.

"Dengan begitu, kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia kerja dunia industri semakin terkikis. Jadi lulusan kami bisa langsung bekerja, baik di perusahaan maupun berwirausaha," ucapnya.

Waka Humas SMK Negeri 6 Semarang, Wihantina Rahayu menambahkan, hadirnya para pengusaha dari Kadin Semarang akan memberikan semangat tersendiri bagi siswa. Ini memberi pilihan siswa atas jalan apa yang akan diambil setelah lulus nantinya.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved