Breaking News:

Berita Salatiga

Teliti CSR Perusahaan Sidomuncul, Hani Sirine Dosen FEB UKSW Salatiga Raih Gelar Doktor

Hani Sirine meraih gelar doktor dari Program studi Doktor Manajemen FEB Universitas Kristen Satya Wacana.

Istimewa
Hani Sirine saat mengikuti ujian doktoral dari Program studi Doktor Manajemen FEB UKSW Salatiga belum lama ini. 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Disertasi berjudul “Konstruksi Kewirausahaan Sosial Perusahaan Berkelanjutan (Studi Kasus pada Perusahaan Sido Muncul, Tbk)” mengantarkan Hani Sirine meraih gelar doktor dari Program studi Doktor Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Hani Sirine dinyatakan lulus dengan IPK 4.00 sehingga berhak menyandang predikat Summa Cumlaude atas hasil penelitian yang dilakukannya pada PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul,Tbk mengenai tanggung jawab sosial perusahaan atau yang lebih dikenal dengan CSR (Corporate Social Responsibilty).

Menurut Hani, dalam acara Yudisium doktoral yang dipimpin Pembantu Rektor I UKSW Dr. Iwan Setyawan tersebut nilai lebih  penelitian terkait CSR belum banyak yang mengaitkannya dengan kewirausahaan sosial perusahaan.

"Secara analisis saya memakai teori pemangku kepentingan, teori berbasis sumber daya perusahaan, jaringan keterlibatan sosial, dan keberlanjutan perusahaan. Dalam kaitan antara kewirausahaan sosial dan tanggung jawab sosial perusahaan, muncul konsep baru yaitu kewirausahaan sosial perusahaan yang memberi solusi inovatif untuk masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan," terangnya dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Jumat (26/2/2021)

Hani menyatakan, dampak implementasi kewirausahaan sosial perusahaan berkelanjutan telah terbukti meningkatkan kinerja perusahaan, menyelamatkan organisasi dari krisis dan memperkuat komitmen organisasi.

Lebih lanjut dikatakan lulusan ke-42 prodi Doktor Manajamen ini PT Sido Muncul melakukan upaya untuk membentuk kemandirian masyarakat dan keberlanjutan operasi bisnisnya melalui program tanggung jawab sosial perusahaan, salah satunya yaitu kemitraan dengan petani.

"Saya menggunakan penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivis dan desain studi kasus untuk mengetahui faktor pendorong, implementasi, dan dampak kewirausahaan sosial perusahaan, yang ditinjau menggunakan stakeholder theory, RBV theory, ethical behavior theory, social engagement network, supply chain management, dan organization sustainability sehingga menghasilkan konstruksi kewirausahaan sosial perusahaan yang berkelanjutan pada perusahaan Sido Muncul, Tbk,” katanya

Adapun dari konstruksi tersebut, implementasi kewirausahaan sosial perusahaan pada program CSR PT Sido Muncul memiliki dua dampak, yakni berdampak bagi organisasi dan berdampak bagi komunitas yang meliputi dampak ekonomi, sosial budaya, lingkungan dan keberlanjutan.

Lulusnnya Hani Sirine dari program doktor manajemen ini sekaligus menambah deretan jumlah doktor di lingkungan FEB UKSW. Dekan FEB Roos Kities Andadari menyebut hal ini baik bagi fakultas yang saat ini ingin bersaing di kancah internasional.

“Penambahan ini tentu menjadi angin segar bagi kami mengingat tantangan yang semakin berat untuk mempertahankan prestasi lembaga. Namun kami terus mendorong para pengajar untuk meningkatkan daya saing,” ujarnya. (*)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved