Berita Pendidikan

Tingkat Pengangguran Lulusan SMK Tinggi, Siwi Diminta Kejar Pendidikan Tinggi di Bidang Saintek

Lebih dari 125 siswi SMK berpartisipasi dalam program edukasi kesiapan kerja bertajuk "Women Career Class: Fresh Graduates Starter Pack"

Penulis: m zaenal arifin | Editor: rival al manaf
istimewa
Perwakilan PT Johnson & Johnson Indonesia menyampaikan paparannya dalam program edukasi kesiapan kerja bertajuk "Women Career Class: Fresh Graduates Starter Pack to Enter the World of Work" yang digelar secara daring, kemarin. (ist) 

Penulis: Zaenal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Lebih dari 125 siswi SMK berpartisipasi dalam program edukasi kesiapan kerja bertajuk "Women Career Class: Fresh Graduates Starter Pack to Enter the World of Work" yang digelar secara daring oleh PT Johnson & Johnson Indonesia bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI).

Para siswi SMK berasal dari 10 kota di Indonesia meliputi Semarang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Bojonegoro, Yogyakarta, Batam, Bengkulu dan Denpasar.

Program tersebut diselenggarakan bagian dari memperingati Hari Perempuan Internasional.

Program ini diinisiasi sebagai upaya untuk menginspirasi para pelajar tingkat akhir SMK untuk mengejar pendidikan tinggi dan karier di bidang science, technology, engineering, math, manufacturing, dan design (STEM2D) serta membekali mereka dengan soft skill dasar untuk memasuki pasar kerja.

Baca juga: Pemilik PO Bus Peziarah Kecelakaan di Sumedang Ikut Jadi Korban hingga Kesaksian yang Selamat

Baca juga: Daftar HP dengan Harga di Bawah Rp 3 Juta Bulan Maret 2021, RAM Hingga 4 GB

Baca juga: Pasar Jambangan Karanganyar Kembali Dibuka, Pedagang dan Pengunjung Diminta Taat Protokol Kesehatan

Baca juga: Sinopsis The Mortal Instruments City of Bones Bioskop Trans TV Jam 23.30 WIB Teror di Dunia Vampir

Sejak diluncurkannya inisiatif global Women in Science, Technology, Engineering, Math, Manufacturing, and Design (WiSTEM2D) pada tahun 2015 lalu, perusahaan Johnson & Johnson berupaya menumbuhkan minat STEM2D wanita sejak usia dini dan membantu mereka terus tumbuh dan berkembang di bidang ini.

Juga, mempersiapkan dan memposisikan mereka untuk melanjutkan pendidikan dan karier yang lebih tinggi di bidang STEM2D.

Sumber daya ini dimaksudkan untuk mendorong dan melibatkan anak perempuan, keluarga, guru, dan pendukung mereka di berbagai belahan dunia.

Country Leader of Communications and Public Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia, Devy Yheanne mengatakan, Johnson & Johnson Indonesia mengambil langkah inovatif dengan mengimplementasikan inisiatif WiSTEM2D secara global sejak tahun 2015.

"Melalui program ini, kami berkomitmen untuk memberdayakan perempuan muda di enam bidang tersebut sehingga mereka dapat meningkatkan representasi di bidang sains dan teknik serta memiliki kesempatan tak terbatas untuk terlibat dalam mewujudkan perubahan positif di masyarakat."

"Kami meyakini kaum perempuan dapat menjadi katalisator untuk mewujudkan individu, komunitas, dan dunia yang lebih sehat," katanya, dalam keterangan tertulis, Kamis (11/3/2021).

Saat ini, Indonesia juga tengah dihadapkan dengan kondisi ketenagakerjaan yang cukup sulit sebagai imbas dari tekanan pandemi Covid-19 terhadap perekonomian.

Pada Agustus 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 9,77 juta orang atau meningkat 37,61% dari tahun lalu.

Angka pengangguran ini masih didominasi oleh lulusan SMK sejak tiga tahun terakhir dengan tingkat pengangguran terbuka sebesar 13,55%.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved