Berita Semarang

Harga Cabai Rawit Merah di Kota Semarang Terpantau Masih Tinggi, Tembus Rp 110 Ribu per Kilogram

Harga cabai rawit merah di pasaran, hingga kini terpantau masih mengalami peningkatan harga.

Penulis: Ruth Novita Lusiani | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Ruth Novita Lusiani
Harga komoditas cabai rawit merah hingga kini masih mengalami peningkatan harga, adanya kondisi ini membuat para penjual cabai rawit merah mengalami penurunan penjualan. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Harga cabai rawit merah di pasaran, hingga kini terpantau masih mengalami peningkatan harga. Dalam hal ini, Tribun Jateng melakukan pemantauan harga cabai rawit merah di dua pasar di Kota Semarang yakni di Pasar Peterongan dan Pasar Johar.

Susi, satu diantara pedagang cabai rawit merah di Pasar Peterongan mengatakan kini harga cabai rawit merah di lapak miliknya berkisar di angka Rp 110 ribu per kilogram. Kenaikan harga ini dikatakannya sudah terjadi sekira satu minggu terakhir, dimana sebelumnya harga cabai rawit merah di lapak miliknya berkisar di angka Rp 100 ribu per kilogram. 

Hal senada juga terjadi di lapak Muslihatun yang juga menjual cabai rawit merah di Pasar Peterongan. “Saat ini harga cabai rawit merah masih cenderung naik, adapun di lapak saya untuk saat ini harganya berkisar di angka Rp 110 ribu per kilogram, untuk harga kulakannya saja sudah mahal di harga Rp 95 ribu per kilogramnya,” tutur Muslihatun kepada Tribun Jateng, Jumat, (12/3/2021). 

Ia pun juga mulai merasakan peningkatan harga cabai rawit merah ini pada minggu lalu, dimana sebelumnya Muslihatun dapat menjual cabai rawit merah sekira Rp 80 ribu per kilogram. Menurutnya, hal ini dipengaruhi dengan adanya kondisi hujan yang terjadi beberapa waktu terakhir ini. 

Ia mengeluhkan dengan naiknya harga cabai rawit merah ini turut mempengaruhi daya beli masyarakat, sehingga hal ini menyebabkan penurunan penjualan cabai rawit merah di lapak miliknya. 

“Kalau untuk di kios saya memang harga cabai rawit merah masih terbilang tinggi yakni di harga Rp 95 ribu per kilogram, namun harga ini sudah sedikit mengalami penurunan dibandingkan tiga hari yang lalu, dimana harga cabai rawit merah masih berada di angka Rp 100 ribu per kilogram,” ujar satu diantara pedagang cabai rawit merah di Pasar Johar, Hendy. 

Dengan adanya kondisi penurunan harga secara perlahan ini, Hendy pun berharap kedepannya harga cabai rawit merah dapat normal kembali.

Adapun berdasarkan data Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi Jawa Tengah (SiHati) harga cabai rawit merah terpantau mulai mengalami kenaikan pada pertengahan bulan Februari 2021 lalu, dimana harga cabai merah dapat dikatakan fluktuatif setiap harinya. Tercatat dalam SiHati harga cabai rawit merah pada Sabtu, (13/2/2021) lalu berada di angka Rp 62 ribu, kemudian pada Senin, (15/2/2021) sempat meningkat di angka Rp 78.200. Sementara itu, hingga pada Rabu, (10/3/2021) harga cabai rawit merah di SiHati tercatat Rp 95 ribu. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved