Breaking News:

Polres Wonogiri

Pelanggar Lalulintas di Wonogiri Ini Terdiam Saat Melihat Si Kopek? Apa Itu Si Kopek

Pelanggar lalu lintas ini tak bisa berbuat apa-apa setelah diberitahu apa kesalahannya dari kopek.

Humas Polres Wonogiri
Kopek digunakan sebagai perluasan penerapan electronic traffic law enforcement (ETLE). 

TRIBUNJATENG.COM , WONOGIRI -- Pelanggar lalu lintas ini tak bisa berbuat apa-apa setelah diberitahu apa kesalahannya dari kopek.

Dengan tegas seorang Polwan memberitahukan seorang pelanggar sambil menunjukan bukti kopek tersebut.

Dan pelanggarpun mengakui kesalahannya, hal tersebut terjadi di Jalan Jenderal Sudirman Kabupaten Wonogiri.

Apakah Kopek itu? Ternyata barang satu ini selalu terpasang di helm petugas Satlantas Polres Wonogiri.

Kopek digunakan sebagai perluasan penerapan electronic traffic law enforcement (ETLE). Daerah yang rawan terjadi kecelakaan bakal sering dipatroli oleh petugas yang pakai helm berkamera.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, SIK, MH, MSi melalui Kasatlantas AKP Indra Hartono, mengatakan Kopek sudah dua pekan dipakai dan diterapkan di Wonogiri. Ada lima kamera yang dipasang di helm petugas kami.

Dia menjelaskan, kamera yang dipasang di helm petugas adalah kamera portabel penindakan pelanggaran kendaraan bermotor (Kopek).

Kopek diluncurkan oleh Ditlantas Polda Jateng untuk menjabarkan program prioritas Kapolri yang salah satunya adalah perluasan penerapan ETLE dan penilangan yang sesuai SOP.

“Kamera yang itu terpasang di helm anggota. Saat anggota berpatroli kamera itu aktif dan juga bisa merekam pelanggaran yang dilakukan pengendara. Misalkan tidak pakai helm atau melanggar rambu-rambu,” kata dia, Rabu (24/3/2021).

Dari rekaman kamera itu bakal terlihat wajah hingga nomor polisi kendaraan pelanggar. Selanjutnya, pelanggar diminta untuk menepi. Setelah itu petugas menegur pengendara tersebut. Proses penindakan pelanggaran akan melalui proses ETLE.

“Sudah ada rekamannya yang jadi bukti. Setelah itu kita sampaikan pemberitahuan kepada pelanggar sesuai alamat berdasarkan data nomor polisi kendaraannya melalui pos,” beber dia.

Petugas tidak memberikan surat tilang. Pengendara diberi waktu mengkonfirmasi lewat pemberitahuan yang disampaikan. Sistem itu nantinya juga akan terkoneksi dengan sistem nasional. Meskipun plat nomor kendaraan luar daerah tidak menjadi kendala.

Kendati Kopek sudah digunakan sekitar dua pekan lalu, saat ini sedang gencar di sosialisasikan kepada masyarakat agar berhati-hati dan patuhi aturan berlalu lintas.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

Polres Wonogiri dan Yayasan Yukata Berbagi Kasur Busa ke Lansia

Polres Wonogiri Redam Amarah Pasien Corona Ngamuk Gak Betah di RS

Polres Wonogiri Mantap Kerja Sama Tribun Jateng, AKBP Christian: Kita Menuju Presisi

Polres Wonogiri dan Kodim 0728 Bagi Ribuan Masker

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved