Breaking News:

Cuaca Buruk

BMKG Cilacap Imbau Jateng Selatan Waspada Angin Kencang dan Petir

BMKG Cilacap mengimbau masyarakat di wilayah Jawa Tengah khususnya bagian selatan mewaspadai potensi cuaca buruk.

Tribun Jateng/ Daniel Ari Purnomo
Ilustrasi foto langit mendung. 

Penulis: Permata Putra Sejati 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap mengimbau masyarakat di wilayah Jawa Tengah khususnya bagian selatan mewaspadai potensi cuaca buruk.

Potensi cuaca buruk berupa hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yang akan terjadi pada Jumat (9/4/2021) hingga Sabtu (10/4/2021).

Analis cuaca BMKG Stasiun Meterologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan mengatakan potensi tersebut merupakan dampak tidak langsung dari siklon tropis Seroja dan Siklon tropis Odette. 

Rendi memastikan potensi tersebut tidak akan seekstrem seperti ketika kejadian siklon tropis Seroja di dekat wilayah Nusa Tenggara Timur.

"Bibit siklon 90S yang sejak 2 April 2021 muncul bersamaan dengan bibit siklon cikal bakal siklon tropis Seroja, pada Jumat (9/4/2021) pukul 07.00 WIB dan telah tumbuh menjadi siklon tropis Odette," ujarnya  Jumat (9/4/2021). 

la menjelaskan dalam hal ini, siklon tropis Odette berada di Samudra Hindia pada posisi 14,2 lintang selatan dan 107,7 bujur timur atau sekitar 780 kilometer selatan- barat daya dari Cilacap.

Kecepatan angin maksimum pada pusat sirkulasi siklon tropis Odette mencapai 45 knot atau sekitar 80 kilometer per jam dan tekanan udara di pusat sirkulasinya adalah 990 hPa. 

Pemberian nama siklon tropis Odette dilakukan oleh Australian Bureau of Meteorology (BoM) Tropical Cyclone Warning Center (TCWC). 

Karena posisi siklon tropis tersebut berada di wilayah Australia. 

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved