Pencarian Kapal Selam Nanggala

Canggihnya Kapal MV Swift Rescue Singapura Temukan KRI Nanggala di Dasar Perairan Utara Bali

Kapal MV Swift Rescue Singapura berhasil menemukan kontak visual kapal selam KRI Nanggala 402 tenggelam di Perairan Utara Bali.

Editor: m nur huda
Twitter@Ng_Eng_Hen
Kapal penyelamat kapal selam MV Swift Rescue milik AL Singapura dikerahkan untuk membantu pencarian dan penyelamatan KRI Nanggala 402. 

TRIBUNJATENG.COM - Kapal MV Swift Rescue Singapura berhasil menemukan kontak visual kapal selam KRI Nanggala 402 tenggelam di Perairan Utara Bali.

Menurut Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudho Margono, kontak visual KRI Nanggala 402 berhasil ditemukan kapal MV Swift Rescue Singapura pada Minggu (25/4/2021) pukul 9.04 WITA.

Setelah melanjutkan pencarian yang dilakukan KRI Rigel.

Lantas, seperti apa kecanggihan kapal Singapura tersebut?

MV Swift Rescue merupakan kapal yang sudah dioperasikan RSN sejak November 2008.

Seperti dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Ini Kecanggihan MV Swift Rescue, Kapal Singapura yang Bantu Cari KRI Nanggala-402'

Kapal ini dilengkapi dengan kemampuan Submarine Escape and Rescue (SMER).

Sementara sistem penyelamatannya sendiri mencakup Submarine Rescue Vehicle (SRV) dan Submarine Support and Rescue Vessel (SSRV).

SRV terintegrasi dengan SSRV dan akan diangkut ke lokasi kapal selam yang tertekan. MV Swift Rescue memiliki panjang 85 meter, lebar 18,3 meter dan draft 4,3 meter.

Kedalaman ke dek utama adalah 7,5 meter dan berat kapal 4.290 ton.

Kapal tersebut dapat membawa 27 awak untuk melakukan operasi penyelamatan dan pelarian kapal selam. MV Swift Rescue dilengkapi dengan Submarine Rescue Vehicle DSAR 6, ruang Transfer under Pressure (TUP), Launch and Recovery System (LARS), Integrated Navigation and Tracking System, Remotely Operated Vehicle (ROV), dan helipad.

Swift Rescue memiliki kecepatan maksimal 12 knot dan dapat beroperasi di laut terus-menerus hingga 28 hari.

Kapal ini dilengkapi dengan kapal selam Deep Search and Rescue Six (DSAR 6).

DSAR 6 mampu terjun ke kedalaman air, menempelkan tubuhnya ke kapal selam yang lumpuh, menyelamatkan penumpang dan membawa mereka kembali ke kapal.

Halaman
123
Sumber: Surya
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved