Breaking News:

JEC Eye Hospitals and Clinics

Begini Cara Sehat Penderita Diabetes Berpuasa Ramadan

JEC Eye Hospitals and Clinics kembali menggelar JEC Eye Talks, sesi diskusi yang melibatkan dokter ahli JEC dan para media di Indonesia.

IST
JEC Eye Hospitals and Clinics 

TRIBUNJATENG,COM, SEMARANG - Pada saat menjalani ibadah puasa di bulan suci ramadan, penderita diabetes perlu berhati-hati.

Pasalnya, penderita diabetes bisa mengalami retinopati diabetik, yakni komplikasi yang berpotensi menyebabkan kebutaan.

Menurut WHO, retinopati diabetik menjadi momok penyakit dalam urutan lima besar yang menyebabkan gangguan pengelihatan.

Terkait kondisi tersebut, eye care leader, JEC Eye Hospitals and Clinics kembali menggelar JEC Eye Talks, sesi diskusi yang melibatkan dokter ahli JEC dan para media di Indonesia.

Kali ini membahas "Pengaruh Puasa Ramadan pada Kesehatan Mata dan Pengidap Diabetes".

Dokter Martin Hertanto, SpM, Medical Retina, Vitreo-Retina, and Cataract Specialist, JEC Eye Hospitals and Clinics, mengatakan secara umum puasa tidak memberikan pengaruh signifikan pada organ mata manusia.

Namun berbeda bagi penderita diabetes yang perlu tetap waspada terhadap gangguan mata akibat komplikasinya.

"Apabila tidak terdeteksi sejak dini, retinopati diabetik bisa menyebabkan pendarahan dan robekan pada retina sehingga menimbulkan gangguan pandangan, seperti berbayang atau munculnya bercak hitam, bahkan sampai kebutaan. Karenanya, sangat penting bagi pengidap diabetes untuk tetap mampu menjaga kadar gulanya selama berpuasa, dan melakukan pemeriksaan retina secara berkala: minimal setahun sekali, tergantung derajat keparahan penyakit,” paparnya.

Ia melanjutkan, retinopati diabetik adalah salah satu penyebab kebutaan terbanyak di kalangan usia produktif.

Penyakit ini terjadi akibat tingginya kadar gula dalam tubuh yang tidak terkontrol secara berkepanjangan sehingga merusak pembuluh darah pada retina dan jaringan-jaringan yang sensitif terhadap cahaya.

Halaman
1234
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved