Breaking News:

Berita Internasional

Fosil Manusia Purba Ditemukan, Inikah Wajah Pria 1.000 Tahun Lalu?

Para penggali yang bekerja di taman belakang kota Masham, Yorkshire, Inggris, menemukan beberapa kerangka manusia purba abad pertengahan.

MORE4 via EXPRESS
Fosil manusia purba (kiri) berusia lebih dari 1.000 tahun dan rekonstruksi wajahnya (kanan), terlihat tak beda jauh dengan muka pria modern. 

TRIBUNJATENG.COM, MASHAM - Para penggali yang bekerja di taman belakang kota Masham, Yorkshire, Inggris, menemukan beberapa kerangka manusia purba abad pertengahan.

Situs di sekitar alun-alun kota itu diyakini pernah menjadi kuburan di periode Anglo-Skandinavia lebih dari 1.000 tahun yang lalu.

Melansir Express pada Kamis (25/2/2021), tim yang dipimpin Richard Taylor, Natasha Bilson, dan Dr Chloe Duckworth meneliti fosil manusia dari bawah tanah yang ditemukan para pekerja.

Baca juga: Sejumlah Tokoh 212 Gabung Partai Ummat, Akankah Diikuti Alumninya? Ini Analisis Pengamat

Baca juga: Daftar HP hingga Tab Samsung Bulan Mei 2021 dan Harganya

Fragmen tulang manusia laki-laki ditemukan jauh terkubur di bawah tulang-tulang hewan seperti sapi, domba, atau kambing yang berusia 200 tahun, kemungkinan bekas rumah jagal di Victoria.

"Itu memberitahu kita apa yang ada di bawahnya mungkin lebih lama," kata Richard Taylor.

"Jadi saya sangat yakin penguburan ini lebih lama dari 1200."

Fosil manusia purba (kiri) berusia lebih dari 1.000 tahun dan rekonstruksi wajahnya (kanan), terlihat tak beda jauh dengan muka pria modern.
Fosil manusia purba (kiri) berusia lebih dari 1.000 tahun dan rekonstruksi wajahnya (kanan), terlihat tak beda jauh dengan muka pria modern. (MORE4 via EXPRESS)

Awalnya para peneliti percaya pria tersebut berusia 45 tahun ke atas, karena kondisi giginya, gerahamnya sangat aus.

Namun pada pemeriksaan di tubuh secara keseluruhan, pria purba itu tampak jauh lebih muda.

Hasil rekonstruksi wajah manusia purba yang dilakukan tim The Great British Dig More4, menunjukkan muka laki-laki di Inggris ini disebut tak jauh berbeda dengan pria modern.
Hasil rekonstruksi wajah manusia purba yang dilakukan tim The Great British Dig More4, menunjukkan muka laki-laki di Inggris ini disebut tak jauh berbeda dengan pria modern. (MORE4 via EXPRESS)

Ahli osteologi di tim, Lizzy Craig-Atkins, menjelaskan bahwa panggul pria itu membuktikan dia lebih muda.

"Itu menunjukkan mereka mungkin berusia sekitar 30 hingga 40 tahun," ungkapnya.

Halaman
12
Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved