Breaking News:

Berita Banjarnegara

Korban Bencana di Banjarnegara Dapat Bantuan Pembangunan Rumah

Pemkab Banjarnegara memberi bansos berupa stimulan pembangunan dan perbaikan rumah bagi korban bencana.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Penyerahan bantuan untuk korban bencana di pendopo Kabupaten Banjarnegara, Jumat (25/6/2021). 

TRIBUNBANYUMAS. COM, BANJARNEGARA - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara memberikan bantuan sosial berupa stimulan pembangunan dan perbaikan rumah bagi korban bencana. Bantuan diserahkan  oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, di Pendapa Dipayuda Adigraha, Jumat (25/6/2021). 

Kalakhar BPBD Kabupaten Banjarnegara, Aris Sudaryanto mengatakan,  bantuan sosial ini untuk mendukung kelangsungan hidup warga agar dapat terpenuhi sesuai dengan kebutuhan dasar minimal.

Sasaran penerima bantuan  adalah masyarakat terdampak  bencana di 19 Desa pada 10 kecamatan, meliputi  Kecamatan Susukan  2      desa, Kecamatan Mandiraja 1 desa, Kecamatan Purwanegara  2 desa, Kecamatan Pegedongan 2 desa, Kecamatan Banjarmangu 1 desa, Kecamatan  Punggelan  3 desa, Kecamatan Pejawaran 1 desa, Kecamatan Pagentan 2 desa, Kecamatan Wanayasa  2  desa. dan Kecamatan Pandanarum 3 desa.

"Sumber anggaran berasal dari Bansos Tahun 2021, APBD Kabupaten pada Kegiatan Pelayanan Pencegahan dan Kesiapsiagaan Terhadap Bencana dengan Sub Kegiatan Penanganan Pascabencana senilai Rp.399 juta," katanya, Jumat (25/6/2021) 

Ia merinci, bantuan stimulan pembangunan dan perbaikan rumah sejumlah 53 unit terdiri dari, 10 unit rusak ringan dengan nilai bantuan  Rp. 2.000.000 per rumah, 6   unit rusak sedang  Rp  4.000.000 per rumah, 6   unit rusak berat Rp  7.500.000 per rumah, dan 31 unit relokasi dengan nilai bantuan  Rp10.000.000 per rumah.

Bupati Budhi Sarwono berpesan agar para penerima bantuan ini bisa langsung menggunakannya sesuai peruntukan. Pihaknya juga akan meminta laporan penggunaannya melalui BPBD. 

Mustakim, warga Desa Gumingsir, salah seorang penerima mengaku sangat terbantu dengan bantuan tersebut.

“Alhamdulillah, ini sangat berarti, untuk rehab rumah kami yang rusak parah,” ucap Mustakim yang sempat viral karena rumahnya roboh. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved