Ki Manteb Soedharsono Meninggal

Dua Tokoh Wayang Iringi Jenazah Ki Manteb Soedharsono ke Pemakaman

Dua petugas pemulasaraan membawa wayang Werkudara dan Janaka mengiringi ambulance pembawa peti jenazah

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Catur waskito Edy
agus iswadi
Petugas pemulasaraan jenazah membawa wayang mengiringi ambulance pembawa peti jenazah Ki Manteb Soedharsono, Jumat (2/7/2021). 

Penulis: Agus Iswadi.

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dua petugas pemulasaraan membawa wayang Werkudara dan Janaka mengiringi ambulance pembawa peti jenazah Dalang Ki Manteb Soedharsono dari rumah duka menuju ke pemakaman keluarga di Sekiteran Desa Doplang Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar, Jumat (2/7/2021) pukul 13.00.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribunjateng.com, wayang tersebut merupakan pemberian dari seorang dalang dan selalu digunakan oleh Ki Manteb setiap kali menggelar pentas wayang. 

"Nanti ada satu wayang Werkudara lawas suruh mengantar bapak (almarhum Ki Manteb)," kata anak Ki Manteb, Medhot Soedharsono kepada Tribunjateng.com di rumah duka. 

Dia menceritakan, wayang itu pemberian temannya sesama dalang saat mengisi acara khitanan. Wayang Werkudara itu lantas kerap digunakan Ki Manteb dalam pentas. 

"Bapak tidak dikasih apa-apa. Tapi dikasih Werkudara itu. Tapi masih kondisi belum disungging dan akhirnya disungging dan dipakai sampai sekarang. Werkudara itu setiap kali bapak pentas pasti selalu dipakai," ungkapnya. 

Ketua Sekar (Seniman Karanganyar) sekaligus pengendang, Joko Dwi Suranto menuturkan, tokoh Werkudara memang kesukaan atau favorit dari Ki Manteb. 

Pengendang yang akrab disapa Joko itu terakhir kali pentas wayang bersama Ki Manteb saat pertengahan 2020 lalu. 

"Itu yang ngendang, saya," terangnya.

Menurutnya, sosok Ki Manteb merupakan seniman dan pahlawan bagi keluarganya. Dalang Kondang itu tidak pilih-pilih orang untuk membagikan ilmunya ke siapapun.

"Ora eman," pungkasnya. 

Seperti diketahui sebelumnya, dalang kondang kelahiran 31 Agustus 1948 itu tutup usia pada Jumat (2/7/2021) sekira pukul 09.45. Ki Manteb meninggal dunia pada usia 73 tahun. (Ais).

Baca juga: Jangan Ada Korban Lagi pada Penyelenggara Pemilu Serentak 2024

Baca juga: Masuk Zona Merah Dalam Kategori Bahaya, Begini Aturan Detail PPKM Darurat Level 4 di Kota Semarang

Baca juga: Warga Isoman Covid-19 Capai 3.959 Orang, Bupati SemarangHarap Bantuan CSR Perusahaan

Baca juga: Update Virus Covid-19 Jawa Tengah Jumat 2 Juli 2021

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved