Breaking News:

Berita Pendidikan

FT Undip Kawal Implementasi ISO K3, Audit Dilaksanakan Daring

Di tengah pandemi Covid-19, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (Undip) tetap mengawal implementasi ISO

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: rival al manaf
FT Undip Kawal Implementasi ISO K3, Audit Dilaksanakan Daring
dokumentasi humas
Pimpinan fakultas dan departemen berkomitmen untuk melaksanakan K3 dan menunjukkan simbol jari zero accident saat audit internal pelaksanaan K3 di kampus yang dilakukan daring.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Di tengah pandemi Covid-19, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (Undip) tetap mengawal implementasi ISO 45001:2018 terkait pelaksanaan sistem manajemen K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di lingkungan kampus.

Dekan Fakultas Teknik, Prof M Agung Wibowo memberikan arahan dalam rapat sosialisasi parameter pengukuran pencapaian kinerja dalam implementasi K3 yang dilakukan secara daring selama lima hari dari Senin-Jumat (5-9/7/2021).

Prof Agung mengatakan bahwa K3 merupakan ikonik bagi Fakultas Teknik Undip.

"Tidak hanya sebatas dokumen atau portofolio saja, namun K3 juga harus terbentuk menjadi mindset, menjadi jiwa bagi civitas akademika Fakultas Teknik," kata Agung dalam keterangan tertulis, Rabu (7/7/2021).

Baca juga: Ramalan Zodiak Cinta Hari Ini Jumat 9 Juli 2021, Cancer Khawatir Semua Berakhir Begitu Saja

Baca juga: Setelah Bupati Banjarnegara Izinkan Kegiatan Pengumpulan Massa, Ganjar Sebut Covid-19 Meningkat

Baca juga: Kartu Indonesia Sehat Belum Bisa Menjamin Biaya Swab Antigen Mandiri

Kegiatan ini, kata dia, merupakan perwujudan dan komitmen Fakultas Teknik dalam menerapkan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan nyaman bagi dosen, tenaga kependidik, mahasiswa maupun pihak ketiga yang bekerja di lingkungan fakultas.

"Harapannya, Fakultas Teknik dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan mencegah efek menurunnya derajat kesehatan karena lingkungan kerja untuk jangka panjang," ujarnya.

Dengan demikian, nantinya ketika para mahasiswa sudah lulus dan memasuki dunia kerja, mereka tidak canggung lagi dengan penerapan K3 di dunia kerja.

Sementara, Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Abdul Syakur menyatakan, implementasi K3 di lingkungan Fakultas Teknik Undip ditandai dengan berhasilnya Fakultas Teknik memperoleh ISO 45001:2018 pada awal 2021.

Pada audit internal ini, penilaian penerapan K3 dinilai melalui 15 indikator penilaian pada tingkat awal, 25 indikator pada tingkat menengah, dan 35 indikator pada tingkat lanjutan.

"Setiap indikator dinilai dengan parameter yang terukur, dengan skala penilaian A hingga E. Saat ini diharapkan setiap departemen di Fakultas Teknik dapat menerapkan K3 dengan capaian minimal 80 persen," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved